Sri Mulyani: Pandemi Mungkin Akan Jadi Endemik Tahun Depan

Abdul Azis Said
16 Agustus 2021, 18:27
pandemi, sri mulyani, pandemi corona, virus corona
Antara/Hafidz Mubarak
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengingatkan masyarakat untuk disiplin menerapkan protokol kesehata 4M, yakni menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan membatasi mobilitas.

Pemerintah tengah mempersiapkan skema pola hidup baru bersama virus corona. Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan,  situasi pandemi Covid-19 saat ini dapat berubah menjadi endemik.

"Kami melihat tahun 2022 pandemi mungkin akan menjadi endemik. Jadi sekarnag ini disiapkan langkah-langkah bagaimana Indonesia melakukan penyesuaian terhadap pandemi menuju endemik," kata Sri Mulyani dalam konferensi pers nota keuangan dan RAPBN 2021, Senin (16/8).

Bendahara negara itu mengatakan, langkah penyesuaian diri diambil setelah ada alarm dari para ilmuwan bahwa Covid-19 tidak bisa sepenuhnya lenyap. Dia mengutip pernyataan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang 15 Juli lalu menyatakan, belum jelas kapan pandemi akan berakhir sekalipun negara-negara dunia terus bekerja keras melawan virus.

Selain itu, ia juga mengutip survei yang dibuat oleh Nature.com yang menyatakan 89% ilmuwan yakin pandemi Covid-19 akan menjadi endemi. Hasil survei tersebut dirilis Februari lalu, yang mana survei dikumpulkan dari 100 ilmuwan ahli penyakit menular, ahli imunologi dan virologi.

Kendati masih akan bertahan lama, Sri Mulyani juga mengingatkan masyarakat untuk disiplin menerapkan protokol kesehata 4M, yakni menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan membatasi mobilitas. Sementara itu, pemerintah akan fokus mendorong implementasi 3T yang meliputi  tracing, testing dan treatment masih tetap penting. Akses vaksinasi dan ketersediaan sistem kesehatan yang memadai juga kunci menghadapi endemi.

"Jadi menuju kebiasaan baru hidup dengan endemi, vaksin tetap penting dan harus diakses seluas-luasnya," ujar Sri Mulyani.

Halaman:
Reporter: Abdul Azis Said
Editor: Agustiyanti

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...