Jokowi Sempat Tegang Tonton Piala Thomas: Penantian Indonesia 19 Tahun

Presiden Joko Widodo memberikan ucapan selamat kepada para atlet dan pelatih yang telah berhasil memenangkan kembali Piala Thomas setelah penantian 19 tahun.
Image title
18 Oktober 2021, 06:19
jokowi, piala thomas, joko widodo, thomas cup
Youtube/Seretariat Presiden
Presiden Joko Widodo mengaku tegang saat menyaksikan laga final antara Jonatan Christie melawan Li Si Feng tadi malam, Minggu (18/10).

Presiden Joko Widodo mengekspresikan kegembiraannya atas kemenangan tim bulu tangkis Indonesia di Piala Thomas, setelah mengalahkan tim Cina 3-0. Ia mengaku sempat tegang menyaksikan laga final antara Jonatan Christie melawan Li Si Feng tadi malam, Minggu (18/10). 

“Piala Thomas akhirnya kembali ke Indonesia setelah penantian 19 tahun lamanya,” ujar Jokowi di akun resmi Instagramnya. 

Kemenangan Indonesia di Piala Thomas 2020 yang dipertandingkan 2021 ini dipastikan setelah pebulu tangkis tunggal putra Jonatan Christie memetik kemenangan rubber game 21-14, 18-21, 21-14 atas tunggal putra China Li Shifeng dalam waktu 1 jam 21 menit, pada Minggu malam WIB.

Jokowi mengatakan, ketegangan pertandingan berbuah kegembiraan setelah pukulan keras Jonatan Christie, gagal dikembalikan oleh Shifeng yang akhirnya menutup permainan untuk kemenangan Tim Garuda

“Ketegangan menyaksikan keseruan laga final Piala Thomas 2020 malam ini akhirnya berubah jadi kegembiraan begitu Jonatan Christie melompat, mengepalkan tangan, dan berteriak girang di akhir gim ketiga. Indonesia juara!” katanya.

Jokowi memberikan selamat kepada seluruh atlet dan pelatih yang  telah berjuang mengharumkan nama bangsa.

Sebelumnya pada partai pembuka, pemain tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting juga menyumbang angka kemenangan, usai menaklukkan Lu Guang Zu dalam tiga gim 18-21, 21-14, 21-16. Kemudian di partai kedua, ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto menumbangkan pasangan baru China He Ji Ting/Zhou Hao Dong dalam dua gim langsung 21-12, 21-19.

Indonesia sebetulnya masih menyisakan dua wakil lainnya, yakni ganda putra paling anyar Kevin Sanjaya Sukamuljo/Daniel Marthin yang akan bertarung melawan Liu Cheng/Wang Yi Lyu. Kemudian di partai terakhir, tunggal putra Shesar Hiren Rhustavito menantang Weng Hong Yang.

Namun dengan kedudukan Indonesia yang sudah unggul 3-0 atas Cina, maka dua partai terakhir itu tidak perlu lagi dimainkan.

Jonatan Christie mengatakan, kemenangan ini dipersembahkan untuk seluruh rakyat Indonesia. “Tadi saya bermain baik, meski di gim kedua sempat kalah. Di gim kedua saya sudah berusaha mengejar, namun sudah terlambat. Tapi di gim ketiga saya bangkit dan berjuang lagi,” ujar atlet yang akrab disapa Jojo ini. 

Sementara itu, Kapten Tim Thomas Indonesia Hendra Setiawan secara khusus mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekannya yang telah berjuang hingga memboyong Piala Thomas. “Terima kasih kepada pemain yang telah berjuang. Terima kasih kepada pelatih dan tim pendukung yang telah bekerja kompak hingga kita juara. Keberhasilan ini berkat kebersamaan dan kekompakan tim,” kata Hendra.

Reporter: Antara
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait