Para Mendag G20 Komitmen Pulihkan Ekonomi Dunia Akibat Pandemi

Abdul Azis Said
18 Oktober 2021, 09:53
G20, pertemuan g20, pemulihan ekonomi nasional
123RF
Ilustrasi. Indonesia siap memikul tanggung jawab sebagai presidensi G20 tahun 2022 serta melanjutkan kerja dan memastikan agar kita dapat pulih bersama dan pulih dengan kuat pada tahun depan.

Menteri Perdagangan (Mendag) negara-negara anggota G20 bertekad untuk berkontribusi dalam pemulihan ekonomi dari pandemi Covid-19.  Komitmen ini dituangkan dalam pernyataan bersama para menteri sebagai hasil pertemuan ‘G20 Trade and Investment Ministers’ Meeting (TIMM), di Sorrento, Italia pada Selasa (12/10) lalu.

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengatakan, pertemuan G20 TIMM kali ini menjadi kesempatan bagi Indonesia untuk mengajak dunia pulih dan bangkit bersama dari pandemi Covid-19. Semangat ini menjadi misi Indonesia pada Presidensi G20 tahun 2022 dengan tema utama 'Recover Together, Recover Stronger'.

Advertisement

"Para menteri perdagangan negara G20 sepakat untuk mengembalikan perdagangan sebagai mesin penggerak pemulihan ekonomi," kata Lutfi dalam keterangan resminya, Sabtu (16/10).

Indonesia siap memikul tanggung jawab sebagai presidensi G20 tahun 2022 serta melanjutkan kerja dan memastikan agar kita dapat pulih bersama dan pulih dengan kuat pada tahun depan.

Dalam pertemuan G20 TIMM ini, Lutfi juga mengutarakan bahwa upaya meningkatkan daya saing usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) terutama di era digital seperti saat ini sangat membutuhkan dukungan secara global. Dukungan global ini penting untuk menciptakan persaingan yang adil. 

Ia mengungkapkan, sistem perdagangan internasional saat ini harus bersifat kolaboratif untuk menjamin kesejahteraan UMKM. Digitalisasi UMKM sangat bergantung pada inovasi dan teknologi yang umumnya tidak dimiliki negara berkembang seperti Indonesia.

"Tanpa adanya regulasi yang mumpuni di tingkat internasional, persaingan UMKM di era digital hanya menghasilkan ‘pemenang-pemenang’ yang justru mematikan usaha dan industri kecil nasional lainnya,” katanya.

Selain terkait dukungan kepada UMKM, Lutfi juga menekankan sistem perdagangan multilateral yang berkeadilan. Ia menegaskan, G20 memiliki kesempatan untuk menyerukan ketimpangan perdagangan internasional.

Kapasitas yang pincang antara kemampuan negara berkembang dan negara maju dalam memberikan dukungan di sektor pertanian dan perikanan menghasilkan persaingan yang tidak sehat. Menurutnya, G20 memiliki memiliki peran kunci untuk memberikan dorongan politis agar Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) dapat memberi ruang kebijakan bagi negara berkembang.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement