Bandara Ngloram Blora Akan Dibuka untuk Komersial Mulai 26 November

Cahya Puteri Abdi Rabbi
11 November 2021, 10:50
Bandara Ngloram, Bandara baru, menhub, budi karya
ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho
Bandara Ngloram di Cepu akan melayani penerbangan komersial pada 26 November mendatang dengan penerbangan perdana oleh maskapai Citilink. .

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau kesiapan fasilitas Bandara Ngloram yang berada di Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah pada Rabu (10/11). Bandara ini akan melayani penerbangan komersial mulai 26 November mendatang dengan penerbangan perdana oleh maskapai Citilink. .

Budi menjelaskan, tinjauannya kali ini ke Bandara Ngloram untuk mengecek kesiapan sejumlah fasilitas bandara, baik di sisi udara seperti landasan pacu, pagar pengaman, mobil pemadam kebakaran, dan lain sebagainya. Selain itu, ia memastikan kesiapan fasilitas di darat seperti, bangunan terminal penumpang, dan fasilitas lainnya. Seluruhnya, menurut dia, telah memenuhi aspek keselamatan jelang dibukannya penerbangan komersial.

Advertisement

“Bangunan terminalnya indah sekali karena pembangunannya dilakukan oleh arsitek pemenang sayembara desain bandara. Insya Allah pada saatnya nanti sudah beroperasi, dapat berjalan dengan baik,” kata Budi dalam keterangan resminya, Rabu (10/11).

Budi mengungkapkan, pemerintah tengah membangun suatu konektivitas di daerah-daerah maupun kota-kota kecil di Pulau Jawa. Salah satunya dengan membangun bandara yang bisa didarati pesawat jenis ATR-72 agar jangkauan dari dan ke daerah-daerah tersebut lebih merata.

Ia mencontohkan penerbangan Jakarta – Cepu, Jakarta – Cilacap, atau Jakarta – Pangandaran dapat ditempuh lebih cepat menggunakan pesawat. “Ini membuat konektivitas lebih pasti dan pengembangan di daerah juga lebih merata,” kata dia.

Bandara Ngloram mulai dibangun oleh Kementerian Perhubungan melalui Ditjen Perhubungan Udara sejak 2018. Bandara ini sebelumnya milik PT Pertamina yang dibangun untuk menunjang operasional perusahaan dan sudah tidak beroperasi lagi sejak 1984.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement