Menkes Yakin RI Bisa Meredam Omicron hingga Maret 2022, Ini Faktornya

Abdul Azis Said
13 Desember 2021, 11:45
budi sadikin, omicron, menkes, varian omicron
Youtube/PermataBank
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut lonjakan gelombang kedua akibat varian Delta pada awal Juli lalu menyebabkan terbentuknya antibodi yang kuat secara alami bagi penduduk Indonesia.

Penyebaran varian Omicron memicu kekhawatiran lonjakan kasus Covid-19 di berbagai belahan dunia. Namun, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin optimistis kasus Covid-19 akan tetap terkendali setidaknya hingga Maret 2022.

"Dari perspektif saya untuk enam bulan ke depan setelah Agustus atau September, kondisi kita cukup aman," kata Budi dalam acara US-Indonesia Investment Summit secara virtual, Senin (13/12).

Asumsi ini, menurut Budi, muncul karena lonjakan gelombang kedua akibat varian Delta pada awal Juli lalu menyebabkan terbentuknya antibodi yang kuat secara alami bagi penduduk Indonesia. Ini kemudian semakin diperkuat dengan adanya akselerasi vaksinasi sejak beberapa bulan terakhir.

"Karena kita mulai vaksinasinya agak terlambat, maka setelah gelombang kedua kemarin, banyak masyarakat yang sudah divaksinasi. Mereka punya imunitas yang sangat kuat," kata Budi.

Berdasarkan data Kemenkes hingga Minggu (12/12), jumlah penduduk yang sudah mendapat vaksin dosis pertama mencapai 146 juta orang atau 70,38% dari target 208 juta dosis. Sementara jumlah penerima dosisi kedua sebanyak 102 juta orang atau 42,42% dari target. 

Budi mengatakan, adanya super-immunity tersebut menyebabkan vaksinasi berperan sebagai booster yang semakin memperkuat imunitas masyarakat.

"Bahkan untuk dosis pertama juga bisa dipahami sebagai booster, jadi itu adalah kejadian yang cukup unik yang sangat baik bagi Indonesia, dan itu terjadi di India sekarang ini," kata Budi.

Halaman:
Reporter: Abdul Azis Said
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...