Sandiaga Prediksi Bali Kedatangan 30 Ribu Wisatawan saat Libur Nataru

Abdul Azis Said
20 Desember 2021, 19:19
bali, wisatawan, kunjungan bali, pariwisata, natal dan tahun baru
Antara
Jumlah wisatawan domestik yang mengunjungi Bali pada libur Natal dan Tahun Baru diperkirakan mencapai 30 ribu pe hari.

Bali berpotensi kebanjiran wisatawan domestik menjelang libur Hari Raya Natal dan Tahun Baru mendatang. Lonjakan kunjungan ke Bali diperkirakan mulai terjadi pekan ini.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno memperkirakan jumlah wisatawan domestik yang mengunjungi Bali pada libur  Natal dan Tahun Baru mencapai 30 ribu pe hari. "Ini yang perlu diantisipasi, dari udara mencapai 15-20 ribu dan dari darat kemungkinan 15 ribu," kata Sandiaga dalam Media Briefing secara virtual, Senin (20/12).

Ia mengatakan, Bali menjadi destinasi favorit menghabiskan libur Nataru karena tingkat vaksinasi di wilayah ini sudah cukup tinggi. Bali berada di urutan kedua daerah dengan tingkat vaksinasi paling cepat di Indonesia, di bawah DKI Jakarta.

Berdasarkan data 17 Desember, jumlah vaksinasi dosis pertama di Bali mencapai 101% dari target, sementara dosis kedua sudah mencapai 90% target. "Penerapan protokol kesehatan di sana juga semakin baik dengan integrasi dan kepatuhan penggunaan PeduliLindungi yang juga semakin bagus," kata Sandiaga.

Sandiaga memperkirakan, lonjakan kunjungan ke Bali kemungkinan berlanjut hingga tahun depan.  Hal ini tercermin dari survei yang dilakukan Kemenparekraf  yang menunjukkan bahwa 57% wisatawan mancanegara berminat untuk kembali ke Bali pada paruh pertama 2022.

"Jadi, inilah saat yang tepat untuk meyakinkan wisatawan mancanegara bahwa kita mampu mengendalikan Covid-19," kata Sandiaga.

Oleh karena itu, menurut dia, antisipasi terhadap potensi lonjakan kasus di akhir tahun nanti perlu terus dilakukan pemerintah.  Pihaknya terus berkoordinasi dengan pemerintah setempat untuk mempersiapkan sejumlah langkah guna menghindari lonjakan kasus, terutama seiring masuknya varian Omicron.

Halaman:
Reporter: Abdul Azis Said
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...