Pemerintah Salurkan Bantuan Kemanusiaan Untuk Afganistan

Cahya Puteri Abdi Rabbi
7 Januari 2022, 10:11
afganistan, bantuan afganistan, bantuan kemanusiaan
ANTARA FOTO/REUTERS/Mohammad Ismail/foc/cf
Ilustrasi. Afganistan saat ini tengah menghadapi krisis kemanusiaan.

Indonesia menyalurkan bantuan makanan dan nutrisi kepada warga Afganistan. Negara yang kini dikuasai Taliban ini tengah menghadapi krisis kemanusiaan.

"Dua pesawat Indonesia akan segera tiba di Afganistan, membawa bantuan makanan dan nutrisi bagi rakyat Afganistan, bekerja sama dengan badan PBB," kata Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi dalam konferensi pers, Kamis (6/1).

Ia mengatakan, Indonesia akan melanjutkan fokus pada isu pendidikan dan pemberdayaan bagi perempuan untuk membantu Afghanistan pada tahun ini. Salah satunya akan dilakukan melalui pemberian beasiswa pendidikan.

Dalam Sidang Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) di Islamabad, Pakistan pada Desember 2021, Indonesia mendorong disusunnya roadmap (peta jalan) pemenuhan janji-janji Taliban. Indonesia merupakan salah satu inisiator Sidang Luar Biasa OKI tersebut.

“Atas dorongan Indonesia, sebuah roadmap pemenuhan komitmen Taliban telah dimasukkan dalam Resolusi pertemuan OKI tersebut,” kata dia.

Setelah mengambil alih Kabul bulan Agustus 2021 lalu, Taliban mengutarakan sejumlah janji perubahan, antara lain mencakup penghormatan terhadap hak-hak perempuan. Indonesia pun terus mendorong agar janji yang disampaikan pada 16 Agustus 2021 dapat dipenuhi. 

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...