Rumah Sakit di AS Kewalahan Hadapi Omicron, Rawat Inap Tembus Rekor

Agustiyanti
11 Januari 2022, 08:47
amerika serikat, omicron, varian omicron, lonjakan kasus
ANTARA FOTO/REUTERS/Caitlin Ochs/nz/cf
Ilustrasi. Amerika Serikat memiliki rata-rata lebih dari setengah juta kasus Covid-19 selama enam hari terakhir berturut-turut. Lonjakan kasus dan pasien rawat inap membuat rumah sakit kewalahan.

Pasien rawat inap Covid-19 di Amerika Serikat mencapai rekor tertinggi pada Senin (10/1) ketika lonjakan infeksi akibat varian Omicron yang sangat menukar terjadi. Total terdapat 132.646 orang yang dirawat di rumah sakit, melampaui rekor sebelumnya pada Januari tahun lalu mencapai 132.061 orang. 

Kebutuhan rawat inap pasien Covid-19 terus meningkat sejak akhir Desember, dua kali lipat dalam tiga minggu terakhir. Varian Omicron dengan cepat mengambil alih posisi varian Delta sebagai versi virus yang dominan di Amerika Serikat.

Advertisement

Berdasarkan catatan Reuters, Delaware, Illinois, Maine, Maryland, Missouri, Ohio, Pennsylvania, Puerto Rico, Kepulauan Virgin AS, Vermont, Virginia, Washington D.C., dan Wisconsin telah melaporkan tingkat rekor pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit baru-baru ini. 

Meskipun varian Omicron berpotensi menyebabkan gejala kurang parah dibandingkan varian sebelumnya, pejabat kesehatan telah memperingatkan bahwa banyaknya infeksi yang disebabkan oleh varian Omicron dapat membebani sistem rumah sakit. Beberapa di antaranya telah menangguhkan prosedur elektif atau terencana karena rumah sakit tengah berjuang untuk menangani lonjakan pasien di tengah kekurangan staf.

Rata-rata kasus harian dalam tujuh hari telah meningkat dua kali lupat dalam 10 hari terakhir menjadi 704 ribu kasus. Amerika Serikat memiliki rata-rata lebih dari setengah juta kasus selama enam hari terakhir berturut-turut. 

Hanya tujuh negara bagian yang belum mencatat rekor kasus Covud-19 pada tahun ini. Menurut data Reuters, mereka adalah Arizona, Idaho, Maine, Montana, North Dakota, Ohio, dan Wyoming.

Washington, D.C. mencatatkan tingkat kasus tertinggi dalam seminggu terakhir berdasarkan populasi, diikuti oleh Rhode Island, New York, New Jersey, Massachusetts, dan Vermont.

Kematian rata-rata mencapai 1.700 per hari, naik dari sekitar 1.400 dalam beberapa hari terakhir.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement