Pemerintah Siapkan Dokter & Obat untuk Pasien Covid-19 Isolasi Mandiri

Rizky Alika
11 Januari 2022, 10:00
budi sadikin, pasien corona, isolasi mandiri, obat gratis, pasien covid-19
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/aww.
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut pasien corona tanpa gejala dan gejala ringan cukup melakukan konsultasi melalui telemedicine. Mereka dapat melakukan isolasi mandiri di rumah.

Pemerintah tengah fokus pada perawatan pasien Covid-19 di rumah ataketimbang di isolasi terpusat. Menteri Kesehatan Budi Gunadi memastikan, pemerintah akan menyediakan konsultasi dokter hingga obat gratis untuk pasien corona yang dirawat di rumah.

Menurut Budi, pasien corona tanpa gejala dan gejala ringan cukup melakukan konsultasi melalui telemedicine. Mereka dapat melakukan isolasi mandiri di rumah.

"Jadi yang positif itu di-WhatsApp. Setelah itu, dia mesti pilih telemedicine-nya. Nanti diberikan konsultasinya gratis," kata Budi di Jakarta, Senin (11/1).

Adapun gejala ringan yang dimaksud Budi, yakni batuk, pilek, demam, dan saturasi oksigen di atas 95. Pasien tersebut tidak perlu menjalankan perawatan di rumah sakit.

Nantinya, menurut dia, obat gratis akan dikirim kepada pasien dengan gejala ringan. Obat tersebut juga mencakup antivirus Molnupiravir dan Plaxlovid untuk terapi pasien. Dari hasil penelitian, Molnupiravir dan Plaxlovid mampu mengurangi gejala parah bahkan kematian pada pasien Covid-19.

Saat ini, Kemenkes telah bekerjasama dengan 17 platform telemedicine untuk memberikan jasa konsultasi dokter dan jasa pengiriman obat secara gratis untuk pasien Covid-19 yang isolasi di rumah. Platform tersebut yaitu Alodokter, Getwell, Good Doctor, Grabhealth, Halodoc, KlikDokter, KlinikGo, Link Sehat, Milvik Dokter, ProSehat, SehatQ, YesDok, Aido Health, Homecare24, Lekasehat, mDoc, Trustmedis, dan Vascular.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...