Vaksin Booster Mulai Hari Ini, Ini Cara Cek Jadwal dan Lokasinya

Rizky Alika
12 Januari 2022, 08:05
vaksinasi booster, vaksin booster, vaksin dosis ketiga
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Ilustrasi. Vaksinasi booster akan diprioritaskan bagi kelompok masyarakat lanjut usia dan kelompok rentan atau immunocompromised.

Program vaksinasi dosis ketiga atau vaksin booster akan dimulai pada hari ini (12/1). Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, vaksinasi booster akan dilakukan gratis untuk masyarakat usia 18 tahun ke atas.

"Dan sudah mendapatkan vaksinasi dosis lengkap atau dua kali suntik minimal enam bulan yang lalu," kata Budi dalam konferensi pers daring, Selasa (11/1).

Advertisement

Namun, vaksinasi booster akan diprioritaskan bagi kelompok masyarakat lanjut usia dan kelompok rentan atau immunocompromised.

Adapun jenis vaksin ketiga yang diberikan akan ditentukan oleh petugas kesehatan berdasarkan riwayat vaksinasi dosis pertama dan kedua yang diterima dan sesuai ketersediaan vaksin di tempat layanan.

Lalu, bagaimana cara mengecek tiket dan jadwal vaksinasi booster?

Menurut laman Kementerian Kesehatan, masyarakat yang termasuk dalam kelompok prioritas penerima vaksin booster dapat mengecek tiket dan jadwal vaksinasi di website maupun aplikasi PeduliLindungi. Tiket tersebut dapat digunakan di fasilitas kesehatan atau tempat vaksinasi terdekat pada waktu yang sudah ditentukan.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement