Ekonomi Cina Tumbuh 8,1% pada 2021, Makin Melambat Menuju Akhir Tahun

Agustiyanti
17 Januari 2022, 20:14
ekonomi cina, cina, pertumbuhan ekonomi
ANTARA FOTO/REUTERS/Tingshu Wang/hp/cf
Ilustrasi. Penjualan ritel Cina turun 3,9% pada 2020 meskipun ekonomi secara keseluruhan tumbuh di tengah pandemi.

Ekonomi Cina berhasil tumbuh 8,1% sepanjang 2021, meski bergerak melambat menuju akhir tahun. Produksi industri yang meningkat hingga akhir tahun berhasil mengimbangi penurunan penjualan ritel.

Data resmi dari Biro Statistik Nasional China yang dirilis Senin (17/1) menunjukkan produk domestik bruto (PDB) Cina hanya tumbuh 4% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Meski melambat dibandingkan kuartal sebelumnya yang tumbuh 4,9% year on year, capaian pertumbuhan pada kuartal terakhir tahun lalu lebih baik dari prediksi analis yang disurvei Reuters sebesar 3,6% yoy.

Namun, para ekonom berdasarkan data keuangan Wind Information memperkirakan pertumbuhan tahun ini mencapai  8,4%,

Produksi industri naik 4,3% pada Desember dari tahun lalu, mengalahkan perkiraan para analis sebesar  3,6%. Kenaikan terutama terjadi pada produksi mobil yang tumbuh untuk pertama kalinya sejak April, naik 3,4% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Investasi aset tetap tumbuh 4,9% pada tahun lalu, melampaui ekspektasi untuk pertumbuhan 4,8%. Investasi di real estate naik 4,4%, sedangkan di infrastruktur naik 0,4%.

Investasi di bidang manufaktur juga tumbuh 13,5% pada tahun 2021 dari tahun lalu.  Namun, penjualan ritel meleset dari ekspektasi dan tumbuh sebesar 1,7% pada Desember dari tahun lalu. Analis yang disurvei oleh Reuters telah memperkirakan kenaikan 3,7%.

"Kami menyadari bahwa lingkungan eksternal lebih rumit dan tidak pasti, dan ekonomi domestik berada di bawah tekanan tiga kali lipat dari kontraksi permintaan, kejutan pasokan, dan ekspektasi yang melemah," kata Biro Statistik Cina, dikutip dari CNBC. 

Tingkat pengangguran perkotaan di Cina pada Desember mencapai 5,1%. Sementara tingkat pengangguran untuk mereka yang berusia 16 hingga 24 tahun tetap jauh lebih tinggi di kisaran 14,3%.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...