Menkes Bakal Wajibkan Vaksin Kanker Serviks

Rizky Alika
25 Januari 2022, 18:17
vaksin kanker serviks, menkes, budi gunadi sadikin, penyakit katastropik, bpjs kesehatan
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/rwa.
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengikuti rapat kerja dengan Komisi IX DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (25/1/2022).

Pemerintah berupaya menekan jumlah pasien penyakit katastropik yang selama ini menguras anggaran negara. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan salah satu langkah yang akan dilakukan adalah mewajibkan vaksin Human papillomavirus (HPV) atau vaksin kanker serviks pada wanita.

"Kami akan wajibkan vaksinasi kanker serviks untuk bisa mencegah agar para wanita Indonesia tidak usah kena cancer di ujung," kata Budi dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR, Jakarta, Selasa (25/1).

Menurutnya, kanker serviks merupakan jenis kanker dengan jumlah penderita paling banyak kedua pada wanita di Indonesia. Kanker serviks juga menempati urutan ketiga kematian akibat kanker. Padahal, kanker serviks dapat dicegah dengan imunisasi HPV.

"Untuk itu, kami ekspansi dari program imunisasi," ujar dia.

Budi menilai, pencegahan kanker serviks akan mendorong produktivitas masyarakat serta menekan beban yang harus ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Hal ini karena biaya vaksinasi HPV jauh lebih murah dibandingkan merawat wanita yang terlanjur terkena kanker serviks.

Di sisi lain, Kementerian Kesehatan juga akan mewajibkan vaksinasi Pneumococcal Conjugate Vaccine atau PCV pada bayi di bawah dua tahun untuk mencegah pneumonia. Bayi pada usia tersebut juga diwajibkan untuk vaksinasi rotavirus untuk mencegah diare.

Kebijakan ini dilakukan lantaran bayi yang terinfeksi akan mengalihkan gizi dalam tubuh untuk menyembuhkan sakit. Hal ini dapat menyebabkan bayi terkena kekurangan gizin atau stunting.

Berdasarkan penelitian, bayi stunting dapat mengalami penurunan IQ hingga 20%. "Akan sangat sayang bagi produktivitas rakyat Indonesia kalau bayi kena stunting," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...