Arifin Panigoro, Raja Minyak Indonesia yang Dukung Transisi Energi

Agustiyanti
28 Februari 2022, 09:59
Arifin panigoro meninggal, arifin panigoro, medco energi
Katadata/Arief Kamaludin
Arifin Panigoro adalah pendiri sekaligus pemilik PT Medco Energi Indonesia Tbk, perusahaan pertambangan migas swasta terbesar di Indonesia.

Kabar duka datang dari industri energi nasional pada Senin (28/2). Pendiri Medco Energi Arifin Panigoro meninggal dunia dalam usia 76 tahun di Amerika Serikat pada Minggu (27/2) pukul 02.29 PM waktu Rochester Minneapolis USA atau Senin (28/2) pukul 03.29 AM WIB.

Arifin merupakan sosok penting dalam industri minyak dan gas di Tanah Air. Ia adalah pendiri sekaligus pemilik PT Medco Energi Indonesia Tbk, perusahaan pertambangan migas swasta terbesar di Indonesia. 

Meski mendapat julukan "Raja Minyak Indonesia", Arifin dalam wawancara dengan Katadata.co.id pada 21 Maret 2021 menyatakan dukungannya terhadap transisi energi. Menurut Arifin, konsumsi minyak bumi di masa depan akan menurun. Belum lagi adanya tren adopsi bahan bakar listrik pada kendaraan. “Minyak sebenarnya tetap ada, tapi yang kecil-kecil seperti kami ini berpikir untuk berubah,” kata Arifin. 

Medco saat ini telah memulai energi terbarukan saat berinvestasi di proyek Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Sarulla yang beroperasi 2017 lalu. Selain itu, ada pula investasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Bali dengan kapasitas 50 megawatt.

Menurut Arifin, transisi energi adalah sebuah keharusan. Kebijakan dalam transisi energi harus sangat terbuka dan koperatif dengan dunia untuk mengejar ketertinggalan dari negara lain. Wawancara dengan Arifin dapat disimak di link ini dan link baca juga di bawah ini. 

Pria kelahiran 14 Maret 1945 ini memulai usahanya sebagai kontraktor instalasi listrik door to door. Ia lalu memulai proyek pemasangan pipa secara kecil-kecilan. Medco kemudian dikenal saat memulai usaha pengeboran minyak tahun 1981, yang modalnya antara lain berasal dari bantuan pemerintah.

Salah satu tonggak sejarah Medco ialah ketika melakukan pembelian Stanvac yang dimenangkan melalui tender dan mengubah namanya menjadi Expan. Dengan pembelian itu, perusahaan minyak tertua di Indonesia itu sudah dimiliki sepenuhnya oleh Medco dan tak lagi dimiliki asing. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...