Gaduh Klaim Brand Indonesia di Paris Fashion Week, Ini Duduk Soalnya

Image title
12 Maret 2022, 19:49
Paris Fashion Week, brand lokal
ANTARA FOTO/REUTERS/Gonzalo Fuente
Gelaran Paris Fashion Week 2020. Brand-brand lokal asal Indonesia mendatangi Paris untuk menghadiri Gekrafs Paris Fashion Show yang digelar bersamaan dengan Paris Fashion Week 2022.

Ramainya brand-brand Indonesia  yang mendatangi Paris di tengah gelaran Paris Fashion Week memicu kegaduhan lantaran mengklaim ikut serta dalam ajang bergengsi tersebut. Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (Gekrafs) sebagai pengundang tak lepas dari kritik warganet, yang menganggap brand-brand tersebut membohongi publik. 

Ketua Badan Komunikasi dan Informasi Gekrafs Riefian Fajarsyah menjelaskan, pihaknya bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memang mengundang brand-brand lokal yang dianggap kompeten untuk hadir di Paris. Namun, ia menjelaskan, brand-brand tersebut, diundang bukan untuk menghadiri Paris Fashion Week. 

Advertisement

"That’s why, we named it Gekrafs Paris Fashion Show”, ujar pria yang dikenal sebagai Ifan Seventeen dalam akun instagramnya, dikutip Sabtu (12/3). 

Ia menjelaskan, Gekrafs Paris Fashion Show diinisiasi oleh Gekrafs Indonesia dengan tujuan memperkenalkan produk-produk dari berbagai brand lokal ke kancah dunia. Sementara PFW diinisiasi oleh Fédération de la Haute Couture et de la Mode (FHCM) untuk menampilkan karya desainer-desainer ternama di dunia. 

Tempat pelaksanaan Gekrafs Paris Fashion Show pun berbeda dengan PFW yang dihelat di berbagai tempat bersejarah Paris. Gekrafs Paris Fashion Show dilaksanakan di 51 rue Turenne Paris.

Dalam perhelatan resmi PFW, hanya ada dua brand yang berasal dari Indonesia, yaitu Sean Sheila dan Jewel Rocks Bijoux. Keduanya mendapat tempat dalam rangkaian PFW, showroom di Palais Brongniart pada 4-7 Maret 2022. Setelah mendapat tawaran dari L’Adresse Paris Agency, kedua brand tersebut memamerkan masing-masing koleksi autumn/ winter. Sean Sheila  memamerkan 23 koleksi, sedangkan Jewel Rocks Bijoux 2 koleksi.

Halaman:
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement