Jokowi Akan Nonton MotoGP di Mandalika Akhir Pekan Ini

Presiden Jokowi akan menonton langsung gelaran MotoGP di Mandalika pada Minggu (20/3).
Image title
18 Maret 2022, 17:29
jokowi, motogp, mandalikan, motogp mandalika
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/tom.
Presiden Joko Widodo menyampaikan keterangan kepada wartawan usai melepas parade pembalap MotoGP di depan Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (16/3/2022). Parade tersebut merupakan bentuk apresiasi atas kerja keras Pemerintah dalam mempersiapkan pagelaran MotoGP Mandalika pada 18-20 Maret 2022.

Presiden Joko Widodo akan menyaksikan langsung gelaran MotoGP Mandalika 2022 selama sehari. Berdasarkan informasi yang diterima Katadata.co.id, Kepala Negara akan menonton MotoGP pada akhir pekan ini, Minggu (20/3).

"(Nonton) hari Minggu," kata salah satu sumber dari lingkaran pemerintah, Jumat (18/3).

Ia belum mengetahui apakah Jokowi akan didampingi oleh Ibu Negara Iriana. Namun, dia memastikan kegiatan Jokowi di Lombok tidak hanya menonton MotoGP.

"Ada agenda lain," ujar dia tanpa menjelaskan aktivitas lain tersebut.

Advertisement

Gelaran MotoGP akan berlangsung pada 18-20 Maret 2022 di Mandalika, Lombok. Jokowi sebelumnya mengatakan seluruh tiket balapan sepeda motor tersebut telah habis terjual. Kepala Negara berharap, MotoGP akan menjadi brand baru Indonesia di mata global. Apalagi, Indonesia saat ini telah memiliki sirkuit balap yang tidak kalah dengan negara lainnya.

"Target tiket yang kita berikan 60 ribu alhamdulilah semua sudah terjual," kata Jokowi di Halaman Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (16/3).

Meski begitu, Jokowi belum bisa memperkirakan apakah ajang tersebut bisa menyumbang ekonomi lokal hingga Rp 500 miliar. Ia mengatakan Mandalika masih perlu menyiapkan banyak akomodasi hotel untuk para pengunjung.

Adanya ajang balap motor internasional di Nusa Tenggara Barat (NTB) diharapkan dapat mengerek wisatawan ke daerah tersebut. Sirkuit Mandalika telah mengantongi kontrak 10 tahun dari Dorna Sport selaku promotor MotoGP.

Penyelenggaraan MotoGP akan mendatangkan ribuan orang ke Lombok. Hal ini akan berdampak pada perputaran uang di pulau tersebut yang akan terus meningkat.

Berdasarkan data yang dihimpun Katadata.co.id, pada saat tes pramusim MotoGP pada Februari lalu, terdapat 24 pembalap dari 12 tim yang turut serta. Dari jumlah tersebut, ada 600 kru yang terlibat. Jika satu kamar dihuni dua orang, maka sekurangnya ada 312 kamar yang terisi.

Sementara pada pergelaran MotoGP 18-20 Maret ini, jumlah kru diprediksi mencapai empat kali lipat. Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian memperkirakan, ada 2.500 orang yang terlibat dalam ajang tersebut. Ini artinya, sekurangnya ada 1.250 kamar yang bakal disewa.

Reporter: Rizky Alika
Editor: Agustiyanti
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait