Daerah PPKM Level 1 di Jawa-Bali Bertambah, Ini Daftarnya

Agustiyanti
19 April 2022, 07:30
PPKM level 1, daerah PPKM, PPKM diperpanjang, PPKM jawa bali
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/rwa.
Ilustrasi. Pemerintah memastikan tak ada lagi daerah PPKM level 4 di Jawa Bali.

Pemerintah memperpanjang pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) wilayah Jawa dan Bali hingga 9 Mei 2022. Namun demikian, jumlah daerah yang masuk dalam kategori PPKM level 1 bertambah menjadi 29 daerah dan tidak ada lagi daerah yang masuk kategori PPKM level 4.

Berdasarkan Instruksi Mendagri Nomor 22 Tahun 2022, jumlah daerah kategori level 1 bertambah dari 20 daerah menjadi 29 daerah. Sementara jumlah daerah PPKM level 2 dan 3 turun dari masing-masing 99 daerah dan 9 daerah menjadi 97 daerah dan 2 daerah. 

Advertisement

Dirjen Bina Adwil Kementerian Dalam Negeri Safrizal, menjelaskan tidak banyak perubahan aturan dalam perpanjangan PPKM Jawa Bali dalam perpanjangan PPKM level 1 kali ini. “Perpanjangan PPKM Jawa Bali kali Ini hanya mengalami perubahan jumlah daerah disetiap level PPKM dan perubahan waktu operasional pusat perbelanjaan dan kegiatan UMKM,” ujar Safrijal dalam siaran pers, Senin (18/4). 

Ia menjelaskan, pemerintah memberikan kelonggaran aturan jam operasional pusat perbelanjaan, restoran dan kafe, serta kegiatan UMKM daerah PPKM Level 2 menjadi hingga pukul 22.00 waktu setempat. Namun, kapasitas tetap dibatasi hingga maksimal 75%. 

Adapun pengaturan jam operasional pusat perbelanjaan, restoran dan kafe, serta kegiatan UMKM pada daerah dengan status PPKM level 1 dan 3 tidak mengalami perubahan. 

 

Sesuai ketentuan dalam Inmendagri, jam operasional pusat perbelanjaaan pada daerah PPKM level 1 ditetapkan hingga 22.00 waktu setempat dengan kapasitas maksimal 100%. Sementara jam operasional perbelanjaan, restoran dan kafe, serta kegiatan UMKM pada daerah PPKM level 3 dibatasi hingga pukul 21.00 waktu setempat dengan kapasitas maksimal 60%. 

Tren kasus Covid di Indonesia terus menurun. Pasien positif Covid-19 bertambah 559 orang per 18 April 2022. Dengan tambahan tersebut, saat ini total kasus Covid-19 di Indonesia telah mencapai 6.040.432.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement