Pemerintah Tentukan Transisi ke Endemi setelah Evaluasi Mudik Lebaran

Agustiyanti
5 Mei 2022, 12:46
pandemi covid-19, endemi covid-19,
ANTARA FOTO/Arnas Padda/yu/nym.
Petugas Pemadam Kebakaran Kota Makassar membagikan masker kepada pengendara saat melakukan kampanye disiplin protokol kesehatan di Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (19/2/2022).

Pemerintah memastikan tak terburu-buru mengubah status pandemi menjadi endemi. Perubahan status ini masih perlu menunggu hasil evaluasi mudik Lebaran

Kepastian ini disampaikan Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden RI Abraham Wirotomo merespons beredarnya informasi bahwa pemerintah telah mempersiapkan transisi perubahan status pandemi menjadi endemi Covid-19. "Untuk skema menuju endemi, pemerintah masih akan menunggu evaluasi beberapa minggu pasca mudik Lebaran," kata Abraham, di Jakarta, Kamis (5/5).

Ia berharap, tidak akan terjadi lonjakan kasus Covid-19 lagi, seperti di negara lain usai mudik Lebaran. Namun, pemerintah akan bersiap mengantisipasi bila terjadi lonjakan kasus. 

Abraham menyebut, kasus Covid-19 relatif terkendali selama tujuh minggu terakhir, yakni sejak 24 Maret hingga 4 Mei 2022. Hal ini ditunjukkan oleh data Reproduction Rate (Rt) yang konsisten di angka 1. Selain itu,  jumlah kasus Covid-19 secara harian juga terus melandai. "Per 3 Mei 2022, 107 kasus per hari, angka kematian 18 per hari, dan angka kasus aktif tinggal 6.951," ujarnya. 

Ia juga mengapresiasi para tenaga kesehatan, TNI/Polri, dan satgas Covid-19 yang terus mengingatkan masyarakat untuk menjalakan protokol kesehatan. Meski beberapa indikator menunjukkan perbaikan, ia memastikan pemerintah tak terburu-buru untuk mengubah status pandemi menjadi endemi dan akan terus berhati-hati. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...