Ridwan Kamil: Jenazah Eril Utuh dan Wangi Daun Eucalyptus

Agustiyanti
10 Juni 2022, 10:06
Eril, Ridwan Kamil, Putra ridwan kamil, jenazah eril utuh, jenazah eril
ANTARA FOTO/Novrian Arbi/aww.
Warga memegang foto almarhum Emmeril Khan Mumtadz yang dipajang di pagar sebagai ungkapan belasungkawa di Gedung Negara Pakuan, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (4/6/2022). Putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tersebut dinyatakan meninggal dunia usai hilang terbawa arus Sungai Aare di Swiss.

Jenazah Putra dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril (22) yang tenggelam di Sungai Aare, Bern, akhirnya ditemukan pada Rabu (8/6). Ridwan Kamil mengatakan, jenazah sang putra ditemukan masih utuh, tanpa kurang satu apa pun meskipun baru ditemukan setelah 14 hari sejak dinyatakan hilang. 

"MasyaAllah, walau sudah lewat 14 hari, jasadnya masih utuh lengkap tidak kurang satu apapun, wajah rapih menengok ke kanan dan saya bersaksi jasad Eril wangi seperti wangi daun eucalyptus," ujar Ridwan Kamil dalam akun Instagramnya, Jumat (10/6). 

Advertisement

Ia mengucapkan syukur kepada Pencipta karena mendapatkan kesempatan kembali memeluk, membelai dan memandikan anaknya sesuai syariat Islam. Ia juga bersyukur dapat melantunkan adzan di telinga Eril persis seperti saat lahir. 

Menurut Ridwan Kamil, ini adalah mukjizat kecil yang sangat keluarga syukuri. "Maha Besar Allah, atas ijinMu, selama 14 hari sungai Aare benar-benar melindungi dan mensucikan jasadnya dari marabahaya," katanya. 

Ridwan Kamil juga mengatakan sudah waktunya Eril untuk pulang ke Tanah Air untuk mengucapkan trima kasih kepada jutaan orang yang mendoakannya. 

Istri Ridwan Kamil, Atalia Prataya juga mengunggah postingan serupa. Dalam akun instagramnya, ia mengatakan penemuan jenazah Eril yang utuh menghilangkan segala khawatir dan gundah yang selama ini keluarga rasakan.

"Dari resah kini berubah menjadi rasa syukur yang begitu dalam, karena tentu tidak ada yang lebih diinginkan oleh seorang hamba selain berada dalam liputan kasih sayang Allah di akhir hidupnya. Husnul khatimah," kata Atalia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement