PBB Bantu Datangkan 87 Juta Dosis Vaksin Covid-19 ke RI Sepanjang 2021

Abdul Azis Said
28 Juni 2022, 20:03
vaksin covid-19, vaksin, PBB
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/rwa.
PBB mendatangkan 87 juta dosis vaksin ke Indoensia melalui mekanisme COVAX.

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) telah membantu penyaluran 87 juta dosis vaksin Covid-19 ke Indonesia melalui mekanisme COVAX pada sepanjang tahun lalu. Capain tersebut merupakan salah satu output dari kerangka kerjasama pembangunan berkelanjutan PBB dengan Indonesia pada 2021-2025.

Pemerintah bersama PBB menjalin Kerangka Kerja Sama Pembangunan Berkelanjutan Perserikatan Bangsa-Bangsa 2021–2025 (UNDSCF) yang berlangsung selama periode 2021-2025. Dalam laporan tahun pertamanya, sejumlah hasil kerja sama tersebut antara lain mendatangkan puluhan juta vaksin, melatih lebih dari 180 ribu tenaga kesehatan Indonesia saat puncak Covid-19 tahun lalu, dan membantu membentuk satgas khusus untuk mengatasi masalah kelangkaan oksigen.

"Sekarang, kita harus melipatgandakan upaya kita jika kita ingin tetap memenuhi komitmen 'No one left behind' dan mencapai SDG pada 2030,” kata Kepala Perwakilan PBB di Indonesia Valerie Julliand dalam keterangan resminya, Selasa (28/6).

Kerangka kerja sama melalui UNDSCF meliputi empat bidang pembanguan berkelanjutan. Hasil dari kerja sama tersebut tertuang dalam laporan bertajuk UN in Indonesia Country Results Report 2021. Beberapa capain kerja sama tersebut antara lain:

  1. Bidang pembangunan manusia yang inklusif

    Output dari kerja sama ini, antara lain 35,89 juta orang secara tidak langsung mendapat manfaat dari dukungan PBB untuk memperkuat program perlindungan sosial. Sebanyak 3,3 juta anak menerima tunjangan anak tanpa syarat selama pandemi Covid-19. 

    Selain itu, ada 183,4 ribu tenaga kesehatan mendapatkan pelatihan surveilans, response cepat, kesehatan mental, dan dukungan psikososial terkait deteksi, rujukan, dan penanganan kasus Covid-19. Lebih dari 13 juta orang dijangkau melalui tiga program PBB yang dirancang untuk mempromosikan pendekatan berbasis keamanan manusia untuk mencegah ekstremisme kekerasan.

    Halaman:
Reporter: Abdul Azis Said
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...