WHO: Akhir Pandemi Covid-19 Sudah di Depan Mata

Agustiyanti
17 September 2022, 15:45
pandemi covid-19, who
ANTARA FOTOrwa.
Ilustrasi. Pandemi Covid-19 hingga saat ini telah menewaskan lebih dari 6 juta orang.

Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO menyebut, kondisi dunia tidak pernah sebaik saat ini untuk mengakhiri pandemi Covid-19. Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus  menyebut akhir dari pandemi Covid-19 sudah di depan mata. 

"Kami belum sampai di sana. Tetapi akhirnya sudah di depan mata," kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus kepada wartawan pada konferensi pers virtual.

Itu adalah penilaian paling optimis dari badan PBB itu sejak mengumumkan keadaan darurat internasional pada Januari 2022. WHO mengkonfirmsi Covid-19 sebagai pandemi tiga bulan kemudian.

Virus yang muncul di Cina pada akhir 2019 telah menewaskan hampir 6,5 juta orang dan menginfeksi 606 juta orang. Pandemi Covid-19 juga mengguncang ekonomi global dan membanjiri sistem perawatan kesehatan.

Peluncuran vaksin dan terapi bagi pasien Covid-19 telah membantu membendung kematian dan rawat inap.  Adapun varian Omicron yang muncul akhir tahun lalu menyebabkan penyakit yang tidak terlalu parah. WHO melaporkan, kematian akibat Covid-19 pekan lalu adalah yang terendah sejak Maret 2020.

Tedros mendesak negara-negara untuk menjaga kewaspadaan dan menyamakan pandemi dengan perlombaan maraton.

"Sekarang adalah waktunya untuk berlari lebih keras dan memastikan kita melewati batas dan menuai hasil dari semua kerja keras kita," ujarnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...