Miliarder India Geser Jeff Bezos Jadi Orang Terkaya Kedua di Dunia

Miliarder India Gautam Adani menggeser posisi Pendiri Amazon Jeff Bezos sebagai orang terkaya kedua di dunia versi Indeks Miliarder Bloomberg.
Agustiyanti
17 September 2022, 16:20
Gautam adani, jeff bezos, orang terkaya di dunia
Courtesy of Subhankar Chakraborty/Hindustan Times via Getty Images
Miliarder India Gautam Adani memiliki kekayaan mencapai US$ 149,6 miliar, hanya US$ 19 juta lebih banyak dari Pendiri Amazon Jeff Bezos.

Pendiri Amazon Jeff Bezos baru saja kehilangan statusnya sebagai orang terkaya kedua di dunia, turun ke posisi ketiga saat maestro bisnis India Gautam Adani dengan cepat naik ke peringkat Indeks Miliarder Bloomberg.

Mengutip Bloomberg, Elon Musk masih menjadi orang terkaya pertama dengan kekayaan mencapai US$ 260 miliar. Sementara kekayaan Adani jauh di bawahnya yakni US$ 146,9 miliar dan hanya lebih besar US$ 19 juta dari Bezos.

Meski demikian, Adani hanya membutuhkan waktu kurang dari 10 bulan untuk mencapai posisi kedua setelah memulai tahun ini di urutan ke-14 dalam jajaran orang terkaya. Ini juga adalah pertama kalinya orang Asia mendapat peringkat sangat tinggi dalam daftar Bloomberg, yang telah lama didominasi oleh pengusaha teknologi asal Barat. 

Kekayaan Adani senilai sebagian besar terkait dengan kepemilikan konglomerat Adani Group-nya yang luas, masih tertinggal jauh di belakang Musk. Grup ini mengoperasikan berbagai bisnis termasuk pelabuhan dan batu bara yang berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir.

Advertisement

Saham beberapa perusahaan Adani telah melonjak lebih dari 1.000% sejak Juni 2020, mencerminkan optimisme investor tentang kekuatan konglomerat di bidang-bidang seperti infrastruktur dan energi terbarukan yang diprioritaskan Perdana Menteri Narendra Modi. Saham Adani Enterprises andalannya naik lebih dari 115% pada 2022.

Di sisi lain, kekayaan Bezos jatuh di bawah Adani karena aksi jual saham teknologi baru-baru ini. Pergeseran peringkat kekayaan bisa cepat berlalu dan sangat bergantung pada pergerakan harga saham Amazon.com Inc. Harga saham Amazon pada tahun ini telah turun 26%.

Adani pertama kali menyalip Mukesh Ambani dari India sebagai orang Asia terkaya pada Februari, menjadi miliarder pada April, dan melampaui Bill Gates dan Bernard Arnault dari Prancis dalam dua bulan terakhir. Ini adalah pertama kalinya seseorang dari Asia masuk dalam jajaran teratas indeks kekayaan, yang telah didominasi oleh pengusaha teknologi AS.

Kenaikan posisi Adani dalam indeks kekayaan Bloomberg bertepatan dengan aksi jual di saham teknologi yang telah memangkas lebih dari US$45 miliar dari kekayaan Bezos sejak Januari. Kekayaan bersih pendiri Amazon - selama bertahun-tahun menjadi orang terkaya di dunia - juga turun secara signifikan setelah perceraiannya pada 2019 dari mantan istrinya MacKenzie Scott yang menerima 4% dari saham raksasa e-commerce.

Taipan India yang telah berjanji untuk menyumbangkan $7,7 miliar untuk tujuan sosial ii juga mampu naik peringkat kekayaan karena banyak pengusaha teknologi di atas,  seperti Gates  telah meningkatkan pemberian amal mereka.

Bezos telah berkomitmen US$ 10 miliar untuk memerangi perubahan iklim dan telah menyumbangkan uang ke Smithsonian National Air and Space Museum.

Gates dan Warren Buffett, beberapa filantropis terkemuka, memulai inisiatif Giving Pledge pada tahun 2010 untuk membantu mengurangi kesenjangan ketimpangan yang semakin besar. Salah satu pendiri Microsoft Corp. mengatakan pada bulan Juli bahwa akan mentransfer $20 miliar ke Bill & Melinda Gates Foundation, yang juga telah menerima lebih dari $35 miliar dari Buffett.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait