Miliarder India Geser Jeff Bezos Jadi Orang Terkaya Kedua di Dunia

Agustiyanti
17 September 2022, 16:20
Gautam adani, jeff bezos, orang terkaya di dunia
Courtesy of Subhankar Chakraborty/Hindustan Times via Getty Images
Miliarder India Gautam Adani memiliki kekayaan mencapai US$ 149,6 miliar, hanya US$ 19 juta lebih banyak dari Pendiri Amazon Jeff Bezos.

Pendiri Amazon Jeff Bezos baru saja kehilangan statusnya sebagai orang terkaya kedua di dunia, turun ke posisi ketiga saat maestro bisnis India Gautam Adani dengan cepat naik ke peringkat Indeks Miliarder Bloomberg.

Mengutip Bloomberg, Elon Musk masih menjadi orang terkaya pertama dengan kekayaan mencapai US$ 260 miliar. Sementara kekayaan Adani jauh di bawahnya yakni US$ 146,9 miliar dan hanya lebih besar US$ 19 juta dari Bezos.

Advertisement

Meski demikian, Adani hanya membutuhkan waktu kurang dari 10 bulan untuk mencapai posisi kedua setelah memulai tahun ini di urutan ke-14 dalam jajaran orang terkaya. Ini juga adalah pertama kalinya orang Asia mendapat peringkat sangat tinggi dalam daftar Bloomberg, yang telah lama didominasi oleh pengusaha teknologi asal Barat. 

Kekayaan Adani senilai sebagian besar terkait dengan kepemilikan konglomerat Adani Group-nya yang luas, masih tertinggal jauh di belakang Musk. Grup ini mengoperasikan berbagai bisnis termasuk pelabuhan dan batu bara yang berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir.

Saham beberapa perusahaan Adani telah melonjak lebih dari 1.000% sejak Juni 2020, mencerminkan optimisme investor tentang kekuatan konglomerat di bidang-bidang seperti infrastruktur dan energi terbarukan yang diprioritaskan Perdana Menteri Narendra Modi. Saham Adani Enterprises andalannya naik lebih dari 115% pada 2022.

Di sisi lain, kekayaan Bezos jatuh di bawah Adani karena aksi jual saham teknologi baru-baru ini. Pergeseran peringkat kekayaan bisa cepat berlalu dan sangat bergantung pada pergerakan harga saham Amazon.com Inc. Harga saham Amazon pada tahun ini telah turun 26%.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement