Masih Banyak Orang RI Bayar Mahal untuk Air Bersih, Ini Solusi BUMN

Agustiyanti
17 Oktober 2022, 12:04
maruf amin, indonesia water fund, soe conference
Katadata/Agustiyanti
Wakil Presiden Ma'ruf Amin meluncurkan Indonesia Water Fund, kumpulan dana inisiasi BUMN untuk membiayai proyek-proyek air bersih di Indonesia dalam SOE Conference di Bali, Senin (17/10).

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) meluncurkan Indonesia Water Fund, platform untuk mendanai investasi di bidang pengembangan investasi air bersih di Indonesia. Wakil Presiden Ma'ruf Amin berharap IWF dapat mendukung target 100% rumah tangga Indonesia terakses air minum layak pada 2024. 

"Pemerintah telah menetapkan target dalam RPJMN 2020-2024, bahwa 100% rumah tangga memiliki akses terhadap air minum layak pada 2024, termasuk 15% akses air minum aman, dan 30% akses air minum perpipaan," ujar Ma'ruf dalam pembukaan SOE Conference di Bali, Senin (17/10). 

Ia mengatakan, tren kenaikan cakupan layanan air bersih masih memerlukan dorongan intensif. Dalam 3 tahun terakhir, cakupan air minum layak hanya naik sebesar 1,5%. Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) Tahun 2021 mencatat, rumah tangga dengan akses air minum layak baru mencapai 90,78%, di mana sekitar 12% rumah tangga memiliki akses air minum aman, dan kurang lebih 19% memiliki akses air minum
perpipaan.

"Capaian sementara ini patut menjadi alarm bagi kita. Waktu yang tersisa menuju 2024 harus dioptimalkan untuk mendorong percepatan kinerja kita bersama," ujarnya. 

Ia mengatkan, keberadaan air tidak saja fundamental untuk menunjang kehidupan manusia, tetapi juga esensial untuk menjaga keseimbangan suhu demi keberlangsungan hidup seluruh makhluk di bumi. Akses terhadap air bersih dan sanitasi yang layak juga merupakan  variabel vital yang turut menentukan kualitas kesehatan individu.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...