Kemenhub Catat 24.847 Sepeda Motor Listrik Sudah Memiliki Sertifikat

Nadya Zahira
3 November 2022, 08:03
kemenhub, motor listrik, kendaraan listrik
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/rwa.
Ilustrasi.

Kementerian Perhubungan mencatat terdapat 24.847 sepeda motor listrik yang sudah memiliki Sertifikat Registrasi Uji Tipe (SRUT) pada 25 Oktober 2022. Ini terdiri dari 24.738 unit baru dan 109 unit sepeda motor hasil konversi.  

“Saya mengapresiasi beberapa produsen besar sepeda motor sudah mulai memproduksi kendaraan listrik. Kita harus mulai memikirkan untuk mengkonversi dari sepeda motor BBM ke listrik, agar peningkatannya bisa semakin masif,” ujar Budi saat membuka pameran Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), di JCC Senayan, Rabu (2/11).

Advertisement

Dia juga meminta para pelaku industri gencar memproduksi dan memasarkan kendaraan listrik. Ini dapat dilakukan melalui produksi unit baru maupun konversi dari kendaraan berbahan bakar fosil (BBM) menjadi kendaran bermotor listrik berbasis baterai.

Budi mengatakan, penggunaan kendaraan listrik secara masif menjadi suatu keniscayaan. Ini dapat menjadi solusi dari masalah krisis energi fosil dan isu lingkungan, yakni perubahan iklim. 

“Subsidi BBM yang besar menyebabkan adanya tekanan pada APBN kita, dan kita mempunyai opsi lain yaitu melalui penggunaan kendaran listrik,” ujarnya.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement