Jokowi Telepon Presiden Ukraina usai Putin, Apa yang Dibahas?

Agustiyanti
4 November 2022, 09:14
jokowi, presiden ukraina, presiden rusia, KTT G20
Dok. Kementerian BUMN
Presiden Joko Widodo berbicara melalui telepon dengan Presiden Ukraina dan Presiden Rusia menjelang KTT G20.

Presiden Joko Widodo melakukan pembicaraan melalui telepon dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pada Kamis (3/11) usai melakukan pembicaraan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin sehari sebelumnya. Keduanya membahas keberlanjutan Grain Initiative sebagai bagian dari upaya menjaga ketahanan pangan dunia. 

"Baru berbincang dengan Presiden Indonesia @Jokowi. Kami mendiskusikan pentingnya keberlanjutan Grain Initiative. Ukraina siap melanjutkan peran untuk ikut menjamin ketahanan pangan dunia. Seluruh perhatian saat ini juga tertuju pada #G20 Summit," ujar Zelensky melalui unggahan di akun Twitter-nya pada Kamis (3/11). 

Presiden Joko Widodo sehari sebelum menghubungi Zelensky telah menelepon Presiden Rusia Vladimir Putin. Pembicaraan Jokowi dan Putin mencakup Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20 dan ketahanan pangan global.

Putin mengatakan, pemerintah Indonesia sejauh ini konsisten mempromosikan agenda pemersatu G20. Selain itu, Putin menghargai upaya konstruktif dan depolitisasi isu-isu mendesak, seperti penguatan ketahanan energi dan pangan, transisi energi yang seimbang, transformasi digital ekonomi global, dan  meningkatkan sistem perawatan kesehatan.

"Rusia melihat posisi Presiden Joko Widodo yang secara konsisten mempromosikan agenda pemersatu di G20," seperti dikutip dari akun resmi Kedutaan Besar Federasi Rusia di Indonesia, Kamis (3/11).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...