Moeldoko soal Menlu Rusia Masuk RS: Sudah dalam Kondisi Baik

Image title
Oleh Abdul Azis Said
14 November 2022, 21:25
lavrov, G20, KTT G20
ANTARA FOTO/POOL/Sigid Kurniawan/rwa.
Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov dikabarkan dilarikan ke rumah sakit usai tiba di Indonesia.

Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko memastikan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov sudah berada dalam kondisi lebih baik. Lavrov ramai diberitakan dirujuk ke rumah sakit setelah kedatangannya ke Bali meskipun pihak Rusia membantah kabar tersebut.

"Saya tidak berhak memberikan penjelasan. Tapi yang saya monitor tadi sudah dalam keadaan baik," kata Moeldoko saat ditemui wartawan di Media Center G20, Nusa Dua, Bali, Senin (14/11).

Lavrov dikabarkan dilarikan ke rumah sakit hari ini karena masalah kesehatan setelah kedatangannya di Bali untuk menghadiri KTT G20. Ia tiba ke Bali tadi malam (13/11), menggantikan Presiden Rusia Vladimir Putin yang absen karena harus menyelesiakan beberapa maslah internal negaranya.

Mengutip AP News, sejumlah otoritas Indonesia membenarkan soal Lavrov yang dilarikan me rumah sakit. Namun, pihak Rusia menepis kebenaran kabar tersebut

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova kemudian membantah bahwa Lavrov telah dirawat di rumah sakit. Ia menyebut kabar tersebut sebagai "kepalsuan tingkat tertinggi." Namun ia juga tidak membahas apakah Lavrov telah menerima perawatan medis

Zakharova membagikan video Lavrov tampak sehat dengan kaos dan celana pendek sembari diminta untuk memberi tanggapan soal kabar tersebut.

“Mereka telah menulis tentang presiden kita selama 10 tahun bahwa dia jatuh sakit. Ini adalah permainan yang bukan hal baru dalam politik,” kata Lavrov dalam video tersebut.

Kantor berita nasional Rusia Tass secara terpisah mengutip Lavrov yang mengatakan, "Saya di hotel, membaca materi untuk KTT besok."

Reporter: Abdul Azis Said
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...