Daftar Delegasi yang Sudah Tinggalkan RI Sebelum KTT G20 Berakhir

Andi M. Arief
16 November 2022, 11:00
G20, KTT G20
ANTARA FOTO/Media Center G20 Indonesia/Fikri Yusuf/nym.
Presiden Uni Emirat Arab Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan mendapat sambutan tarian Bali setibanya di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Senin (14/11/2022). Ia disebut sudah meninggalkan Indonesia meski agenda KTT G20 belum rampung.

Kementerian Luar Negeri atau Kemenlu mengumumkan telah ada sejumlah delegasi yang telah meninggalkan Indonesia. Mereka meninggalkan Indonesia meski agenda Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 baru akan berakhir sore ini, Rabu (16/11).

Juru Bicara Kemenlu Teuku Faizasyah mengatakan, kepala negara yang telah terbang meninggalkan Pulau Dewata adalah Presiden Uni Emirat Arab Mohammed bin Zayed Al Nahyan, Perdana Menteri Korea Selatan Han Duck-Soo, Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov, dan Perdana Menteri Kamboja Hun Sen. Presiden Federasi Asosiasi Sepakbola Internasional Gianni Infantino juga telah meninggalkan Indonesia.

"Ada penyesuaian jadwal saja karena kepulangan tersebut, agak mundur dari rencana semula," kata Faizasyah kepada pewarta, Rabu (16/11). 

Faizasyah mengatakan Presiden Amerika Serikat Joe Biden dikabarkan akan meninggalkan Indonesia pada hari ini. Seperti diketahui, Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik atau APEC akan digelar pada 18-19 November 2022.

Ada dua agenda penting pada hari kedua KTT G20, yakni kunjungan ke Taman Hutan Raya atau Tahura Ngurah Rai dan Sesi III KTT G20 tentang Transformasi Digital. Kunjungan Tahura Ngurah Rai dijadwalakn dilakukan pada 09.00-11.00 WITA, sedangkan Sesi III KTT G20 akan dimulai setelah makan siang.

Kunjungan Tahura Ngurah Rai baru dimulai sekitar 09.50 WITA atau mundur sekitar 1 jam dari jadwal sebelumnya. Sebagai informasi, delegasi negara KTT G20 yang juga anggota G7+ menghadiri rapat darurat Pakta Pertahanan Atlantik Utara atau NATO.

Rapat darurat tersebut dilakukan setelah jatuhnya rudal buatan Rusia di Polandia kemarin, Selasa (15/11). Alhasil, delegasi negara anggota G7+ yang menghadiri kunjungan Tahura Ngurah Rai tidak menggunakan baju yang disediakan oleh panitia KTT G20.

Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...