Piala Dunia Qatar, FIFA Kantongi Rekor Pendapatan Rp 117 Triliun

Agustiyanti
21 November 2022, 07:44
FIFA, Qatar, piala dunia
ANTARA FOTO/REUTERS/Kai Pfaffenbach/foc/sad.
Pemandangan saat berlangsung nya Kongres FIFA ke-72 di Doha Exhibition & Convention Center, Doha, Qatar, Kamis (31/3/2022).

Federasi Sepak Bola Internasional atau FIFA mencetak rekor pendapatan sebesar US$7,5 miliar atau setara Rp 117 triliun dengan asumsi kurs Rp 15.600 per dolar AS. Pendapatan ini terutama diperoleh dari kesepakatan komersial yang terkait dengan Piala Dunia 2022 di Qatar.

Mengutip Aljazeera, pendapatan yang diungkapkan FIFA pada Minggu (20/11) ini lebih besar US$ 1 juta dibandingkan saat Piala Dunia digelar di Rusia pada 2018. Ini mencakup penghasilan tambahan yang didukung kesapakatan komersial dengan tuan tumah pada tahun ini. 

Perusahaan-perusahaan milik Qatar bergabung sebagai sponsor Piala Dunia. Qatar Energy bergabung sebagai sponsor tingkat atas Piala Dunia, sedangkan bank QNB dan perusahaan telekomunikasi Ooredoo bergabung sebagai sponsor tingkat ketiga dan keempat. 

FIFA juga mengumumkan sponsor tingkat kedua tahun ini yang baru bergabung, yakni platform keuangan crypto.com dan penyedia blockchain Algorand. Mereka adalah sponsor baru asal Amerika Serikat pertama di Piala Dunia dalam lebih dari satu dekade.

Kesepakatan siaran utama untuk Piala Dunia tahun ini ditandatangani selama kepresidenan Sepp Blatter dalam kesepakatan dua turnamen untuk acara Rusia dan Qatar. Itu termasuk kesepakatan dengan Fox di Amerika Serikat dan penyiar Qatar BeIN Sports sejak 2011.

FIFA membayar komite penyelenggara negara tuan rumah, hadiah uang, perjalanan dan akomodasi untuk tim dan staf pendukung. Organisasi juga membayar dana warisan untuk membantu mengembangkan olahraga di negara tuan rumah setelah sirkus Piala Dunia meninggalkan kota.

Pemenang Piala Dunia Qatar akan menerima US$44 juta dari total hadiah sebesar $440 juta. Melansir AFP, hampir 3 juta tiket pertandingan Piala Dunia telah terjual hingga hari pembukaan kemarin (20/11). 

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...