CNN Internasional PHK Karyawan, Terdampak Gejolak Ekonomi Global

Agustiyanti
1 Desember 2022, 12:28
CNN, PHK, PHK karyawan
ANTARA FOTO/REUTERS/Dustin Chambers/hp/dj
Ilustrasi. CNN Internasional kemungkinan melakukan PHK terhadap ratusan karyawannya.

Media internasional asal Amerika Serikat, CNN memulai pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap para karyawannya di tengah ketidakpastian ekonomi dan tekanan untuk memangkas biaya dari perusahaan induk. 

CNN pada Rabu (30/11) menginformasikan kepada karyawannya bahwa PHK telah dimulai. Langkah ini diperkirakan akan berdampak pada ratusan staf di jaringan berita global dan menandai pemangkasan karyawan terbesar di perusahaan ini dalam beberapa tahun.

Chris Licht, yang mengambil alih posisi kepala eksekutif jaringan pada Mei lalu  dalam memo ke semua staf mengggambarkan langkah PHK ini sebagai "pukulan" bagi perusahaan. "Sangat sulit untuk mengucapkan selamat tinggal kepada salah satu anggota. tim CNN, apalagi banyak," ujarnya seperti dikutip dari perusahaan. 

Para karyawan CNN telah bersiap untuk PHK sejak Licht memberi tahu mereka bulan lalu bahwa akan ada  perubahan yang "mengganggu" ke depan.

Licht mengatakan, perusahaan akan memberi tahu pemutusan hubungan kerja dengan "sejumlah individu" dan sebagian besar kontributor yang dibayar. Dia mengatakan perusahaan akan memberi tahu karyawan yang terkena dampak pada Kamis (1/12. 

“Ini akan menjadi waktu yang sulit bagi semua orang,” kata Licht ​​dalam memonya.

CNN menolak untuk mengatakan pada hari Rabu berapa banyak karyawan yang akan terkena dampak PH

PHK terjadi ketika perusahaan media dihantam kondisi ekonomi yang memukul sektor periklanan. Licht saat memberikan isyarat terkait rencana PHK pada Oktober lalu mengatakan bahwa ada kekhawatiran luas atas prospek ekonomi global. Untuk itu, menurut dia,  CNN harus memasukkan risiko itu ke dalam perencanaan jangka panjangnya. 

Langkah PHK juga ditempuh AMC Networks, yang menandakan gejolak pada industri media

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...