Jokowi Ngunduh Mantu Pernikahan Kaesang-Erina: Nguri-uri Budaya

Agustiyanti
11 Desember 2022, 08:48
jokowi, kaesang, erina, pernikahan kaesang-erina
ANTARA FOTO/Maulana Surya/nym.
Sejumlah seniman karawitan bersiap untuk mengisi hiburan acara ngunduh mantu pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono di Loji Gandrung Solo, Jawa Tengah, Minggu (11/12/2022). Acara tersebut juga diisi dengan kirab budaya dan pesta rakyat.

Presiden Joko Widodo menggelar prosesi ngunduh mantu putra bungsunya Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Loji Gandrung Solo pada Minggu (11/12).  Jokowi mengatakan, prosesi ngunduh mantu merupakan bagian dari nguri-uri atau memelihara budaya. 

"Hari ini Minggu, 12 Desember 2022, kami ngunduh mantu Kaesang Pangarep dan Erina Gudono," kata Presiden di sela prosesi "ngunduh mantu" di Loji Gandrung Solo, seperti dikutip dari Antara. 

Jokowi menjelaskan, prosesi "ngunduh mantu" adalah  bagian dari merawat dan memelihara kebudayaan. Menurut dia, budaya adalah warisan para leluhur. "Mengenalkan budaya kita adalah kewajiban. Mencintai budaya adalah kewajiban kita bersama," katanya.

Proses ngunduh mantu dimulai sekitar pukul 07.15 WIB. Keduanya melakukan serangkaian kegiatan adat mulai dari pasrah mulai dari panambi boyong temanten, adat gepyokan dan minum air putih/air zam-zam, menaikkan kain sindur kepada pengantin dan menuju pelaminan, pangabekten atau sungkeman, tumplak punjen, hingga nyebar udik-udik atau Menabur beras dan uang. 

Acara dilanjutkan dengan kirab pengantin dengan kereta kencana dari Loji Gandrung ke Pura Mangkunegara yang menjadi lokasi tasyakuran atau resepsi. 

Resepsi Kaesang dan Erina rencananya akan dihadiri oleh sekitar 6.000 tamu undangan. Sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju diketahui terlibat dalam gelaran acara pernikahan orang nomor satu di Indonesia ini, baik menjadi ketua pelaksana acara pernikahan, menjadi pengawas pelaksanaan acara, menjadi saksi pernikahan, maupun berkhotbah.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir didapuk menjadi Ketua Pelaksana Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan memantau kesiapan acara pernikahan. Luhut juga diketahui mendampingi Kaesang saat berkunjung ke kediaman Erina pada 23 Oktober dan 3 Desember 2022. 

Adapun Menteri Investasi Bahlil Lahadalia bersama Luhut dan Erick Thohir juga turut memantau kesiapan lokasi akad nikah putra bungsu Kepala Negara. Selain di Pendopo Royal Ambarrukmo, beberapa menteri sebelumnya juga mengunjungi lokasi untuk acara ngunduh mantu yang berlangsung hari ini.

Dalam prosesi akad nikah, Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin menyampaikan khotbah nikah, sedangkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno dipilih menjadi saksi dalam akad nikah.

Kaesang Pangarep dan Erina Sofia Gudono resmi sebelumnya telah melangsungkan akad nikah di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo Yogyakarta pada Sabtu (10/12). Selain akad nikah, kedunya juga menjalankan prosesi panggih atau mempertemukan mempelai laki-laki dan perempuan. 

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...