Jadwal Pertandingan Semifinal Piala Dunia 2022

Agustiyanti
11 Desember 2022, 11:34
piala dunia, piala dunia 2022, jadwal piala dunia
AP Photo/Ricardo Mazalan
Ilustrasi. Argentina akan melawan Kroasia, sedangkan Maroko akan bertanding dengan Perancis.

Empat negara berhasil lolos ke babak semifinal Piala Dunia 2022, setelah mengungguli 28 tim lainnya. Keempat negara yang lolos terdiri dari Argentina, Kroasia, Maroko, dan Prancis. 

Adapun Prancis dan Argentina sudah dua kali meraih memenangkan trofi Piala Dunia. Argentina menjadi juara pada 1978 dan 1986, sedangkan Prancis pada 1998 dan 2018. Kroasia juga bukan pendatang baru di babak semifinal. Tim yang dipimpin oleh Luca Modric ini pernah lolos ke babak final pada Piala Dunia 2018, tetapi kalah dari Perancis dengan skor 4:2. 

Sementara Maroko mengukir sejarah sebagai negara Afrika pertama yang lolos dalam semifinal Piala Dunia. 

Kroasia menjadi tim pertama yang lolos ke semifinal. Mereka berhasl menyingkirkan Brasil yang telah lima kali memegang tropi Piala Dunia melalui adu penalti dengan skor 4-2 usai bermain imbang 1-1.

 

Argentina yang menjadi tim kedua yang berhasil lolos semifinal juga  berhasil menang melalui adu penalti 4-2 setelah bermain imbang 2-2 selama 12o menit. 

Maroko yang menjadi tim ketiga lolos semifinal memberikan kejutan dengan mengalahkan Portugal 1:0 lewat gol tunggal Youssef En-Neysri.  Sementara Prancis yang menjadi tim terakhir masuk babak semifinal, lolos setelah mengalahkan Inggris 2:1. 

Argentina nantinya akan melawan Kroasia, sedangkan Maroko akan bertanding dengan Perancis. Berikut jadwal pertandingannya:

  • Argentina vs Kroasia

 Rabu, 14 Desember pukul 02.00 WIB

  • Maroko vs Prancis

Kamis, 15 Desember pukul 02.00 WIB

 

Pelatih tim nasional Maroko Walid Regragui membantah bahwa kemenangan timny di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar, Sabtu malam, merupakan keajaiban. Ia menyebut, kemenangan tersebut merupakan buah kerja keras para pemain Maroko yang tak gentar menghadapi Portugal yang di atas kertas lebih diunggulkan karena kualitas komposisi skuadnya.

"Ini bukan keajaiban. Media, mungkin terutama media-media Barat, akan menyebut ini sebagai keajaiban, tapi bagi saya ini bukan keajaiban. Ini buah kerja keras kami," kata Regragui dalam jumpa pers selepas pertandingan.

Ia bahkan bercita-cita menjadikan Maroko sebagai juara Piala Dunia. Jika ini benar-benar terealisasi, maka Maroko akan menjadi negara Afrika pertama yang memegang trofi piala dunia.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait