Mendag Zulkifli: Ekspor Kunci Indonesia Jadi Negara Maju Tahun 2045

Nadya Zahira
16 Desember 2022, 07:36
ekspor, zulkifli hasan
Humas Kementerian Perdagangan
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menyebut, kinerja ekspor menjadi salah satu kunci utama untuk mencapai target Indonesia menjadi negara maju pada 2045.

Pemerintah menargetkan Indonesia dapat menjadi negara maju pada 2045. Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menyebut, kinerja ekspor menjadi salah satu kunci utama untuk mencapai target tersebut. 

"Indonesia mempunyai visi 2045 menjadi negara maju dan pejuang ekspor ini yang dapat menjadikan Indonesia sebagai negara maju," ujar Zulkifli melalui keterangan tertulis, pada Kamis (15/12).

Zulkifli mengatakan, perekonomian Indonesia masih berhasil tumbuh di tengah ketidakpastian dunia. Pertumbuhan ekonomi bahkan mencapai 5,72% pada kuartal ketiga tahun ini.

Indonesia juga berhasil membukukan surplus perdagangan pada Januari-November 2022 menembus US$ 50 miliar. "Hal ini bisa dicapai karena pejuang ekspor," ujar Zulkifli.

Zulkifli memastikan, pemerintah akan terus memfasilitasi pelaku ekspor. Salah satu yang dilakukan adalah Kementerian Perdagangan berupaya mempertemukan pelaku usaha dengan buyer melalui Trade Expo Indonesia atau TEI.

Acara tersebut  digelar secara luring pada 19-23 Oktober 2022, dan secara daring hingga 19 Desember 2022 mendatang. Para duta besar Indonesia datang bersama buyer, sedangkan pemerintah daerah menghadirkan UMKM unggulan.

Kementerian Perdagangan pun mencatat, nilai transaksi TEI ke-37 ini per 14 Desember 2022 telah berhasil mencapai  US$ 14,50 miliar. "Keberhasilan ini merupakan buah kolaborasi, kerja sama semua pihak.," ujarnya.

Zulkifli menyebutkan,  Kementerian Perdagangan juga memfasilitasi pelaku ekspor dengan membuka pasar baru nontradisional, seperti Asia Selatan, Timur Tengah, Afrika, hingga Amerika Selatan. 

" Kami siapkan “jalan tolnya” sementara ekosistem dalam negeri dibenahi. Namun, Kementerian Perdagangan tidak bisa sendiri, harus berkoordinasi dengan pemangku kepentingan lainnya," kata Zulkifli.

Reporter: Nadya Zahira
Editor: Agustiyanti
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait