1.500 Orang Ditangkap Terkait Kerusuhan di Brasil

Agustiyanti
12 Januari 2023, 06:24
kerusuhan di brasil, brasil, kerusuhan
Twitter
Kerusuhan di Brasil terjadi pada Minggu (8/1/2023). Pendukung Bolsonaro menyerbu gedung Kongres, MA, dan Istana Kepresidenan.

Aparat menangkap dan mendakwa lebih dari 1.500 orang terkait kerusuhan di Brasil. Para pendukung mantan Presiden Jair Bolsonaro menyerbu Kongres, Istana Kepresidenan, dan Mahkamah Agung mendorong kudeta militer untuk menggulingkan Presiden Luiz Inácio Lula da Silva pada Minggu  (08/01).

Mengutip BBC, seorang sumber polisi Brasil mengatakan, para perusuh tersebut ditahan di akademi pasukan di Brasilia, tetapi sebagian telah dipindahkan ke fasilitas lain. Oihak berwenang memiliki waktu lima hari untuk menuntut tersangka yang ditangkap resmi.

Advertisement

Pemerintah Brasil yang khawatir protes berlanjut mengerahkan pasukan keamanan besar-besaran di ibu kota Brasil. Aparat memperingatkan kemungkinan lebih banyak unjuk rasa yang akan dilakukan oleh pendukung garis keras mantan Presiden Brasil Jair Bolsonaro.

Menurut sebuah memo dari jaksa federal yang dilihat oleh BBC, kelompok pro-Bolsonaro telah menyerukan demonstrasi besar-besaran yang berlangsung di seluruh ibu kota negara bagian Brasil.  Pihak berwenang pun telah memperingatkan bahwa beberapa tahanan yang telah dibebaskan pada akhirnya dapat ditangkap di tengah penyelidikan yang sedang berlangsung.

Dokumen tersebut juga menguraikan sejumlah langkah keamanan tambahan yang diambil, termasuk penangkapan langsung terhadap tersangka yang memblokir jalan dan "menyerang" bangunan umum, serta denda sebesar 20.000 Reais Brasil atau sekitar Rp 60 juta per jam untuk peserta.

Perusahaan yang memberikan dukungan logistik dan keuangan kepada orang-orang yang melakukan aktivitas ini akan dikenakan denda hingga 100.000 Reais Brasil atau sekitar Rp 300 juta. 

Anggota parlemen Brasil  pada Selasa (11/12) menyetujui "intervensi" federal yang telah melihat pasukan militer dikerahkan untuk melaksanakan tugas polisi dan keamanan di Brasilia. Pemerintah juga meminta agar platform media sosial mengambil langkah untuk menangguhkan akun yang terlibat dalam perencanaan perilaku kriminal.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement