Trump Minta Partainya Pangkas Anggaran Departemen Kehakiman dan FBI

Agustiyanti
6 April 2023, 04:28
trump, donald trump
ANTARA FOTO/REUTERS/Octavio Jones/AWW/dj
Mantan Presiden AS Donald Trump yang saat ini sedang berusaha mendapatkan kembali kursi kepresidenan untuk Pemilu 2024 adalah mantan presiden AS pertama yang menghadapi tuntutan pidana.

Mantan Presiden Donald Trump meminta rekan-rekannya dari Partai Republik di Kongres untuk memangkas anggaran Departemen Kehakiman AS dan FBI. Permintaan ini muncul sehari setelah dia mengaku tidak bersalah atas 34 tuduhan kejahatan pemalsuan catatan bisnis.

Trump yang saat ini sedang berusaha mendapatkan kembali kursi kepresidenan untuk Pemilu 2024 adalah mantan presiden AS pertama yang menghadapi tuntutan pidana. Trump membidik otoritas penegak hukum federal meskipun tuntutan pidana terhadapnya dikejar bukan oleh mereka tetapi oleh jaksa wilayah Manhattan. 

Anggota Kongres dari Partai Republik menyerukan pemotongan tajam pengeluaran federal sebagai ganti dari pemungutan suara untuk menaikkan plafon utang AS. Namun, permintaan ini belum diajukan dalam bentuk proposal khusus.

FBI, bagian dari Departemen Kehakiman, adalah badan intelijen dan keamanan domestik AS. Trump sendiri menunjuk direktur FBI saat ini, Christopher Wray, setelah memecat kepala FBI sebelumnya, James Comey pada 2017.

Trump mendukung peningkatan pengeluaran untuk Departemen Kehakiman saat menjabat sebagai presiden dari 2017 hingga 2021. Anggarannya meningkat 4% selama rentang waktu itu menjadi US$38,7 miliar. 

Salah satu penyelidikan khusus terhadap Trump berfokus pada upaya Trump  dan sekutunya untuk membatalkan hasil pemilu 2020, saat ia kalah dari Presiden Demokrat Joe Biden.

Mantan Wakil Presiden Mike Pence telah memutuskan untuk tidak mengajukan banding atas putusan hakim yang mengharuskan dia untuk bersaksi di hadapan dewan juri dalam penyelidikan tentang percakapannya dengan Trump menjelang serangan 6 Januari 2021 di Capitol AS oleh pendukung Trump,

Investigasi lainnya berfokus pada dokumen rahasia yang disimpan Trump setelah meninggalkan jabatannya.

FBI  menolak mengomentari pernyataan Trump. Departemen Kehakiman juga tidak menanggapi permintaan komentar.

Pengurangan dana untuk penegakan hukum federal juga tidak akan memengaruhi penyelidikan kriminal lain yang melibatkan Trump yang dipimpin oleh seorang jaksa wilayah di Georgia. Fokus penyelidikan adalah apakah Trump secara tidak sah berusaha membatalkan kekalahannya dalam pemilu tahun 2020 di negara bagian itu.

Kantor Alvin Bragg, jaksa distrik Manhattan, mendakwa Trump dengan 34 tuduhan kejahatan pemalsuan catatan bisnis pada Selasa (5/4), Jaksa menuduh Trump membayar dua wanita untuk menutupi perselingkuhnnya sebelum pemilu 2016. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...