Lokasi Perhelatan G20 Akan Difasilitasi Teknologi 5G

Kementerian Komunikasi dan Informatikan memastikan lokasi-lokasi pertemuan G20 akan difasilitasi dengan tekonologi 5G.
Image title
21 Januari 2022, 14:48
G20, KatadataG20
Katadata/Maesaroh
Jakarta akan menjadi salah satu kota penyelenggaraan G20 tahun 2021 dan 2022. Jakarta dan 14 kota lainnya dijadwalkan akan menjadi kota penyelenggara event G20 tahun 2022.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memastikan fasilitas layanan 5G akan tersedia untuk mendukung parhelatan G20 pada tahun ini yang berada di bawah presidensi Indonesia.

“5G Experience memang kami siapkan untuk perhelatan G20. Kamu upayakan semua tempat penyelenggaraan G20 di belasan kota yang sudah ditentukan bisa merasakan 5G Experience. Sekurang- kurangnya, kami siapkan 4G,” kata Direktur Jendral Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Kominfo Usman Kansong dikutip dari Antara, Jumat (21/1). 

Ia menjelaskan, BAKTI (Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi) Kominfo akan bertugas memastikan tidak ada masalah dengan infrastruktur fisik penyediaan layanan komunikasi. Infrastruktur telekomunikasi yang mencakup BTS (Base Transceiver Station) hingga jaringan fiber optic akan disiapkan secara optimal.

Selain itu, menurut dia, Kominfo juga menggandeng para penyelenggara operator seluler di Indonesia yang telah menyediakan layanan 5G.  “Semua operator- operator besar kami gandeng misalnya Telkomsel, XL, dan Indosat itu kami gandeng semua. Mereka sangat terbuka untuk kami ajak menyiapkan sistem dan perangkat teknologi guna menyukseskan G20,” ujar Usman.

Jaringan 5G, menurut dia, bukan hanya dapat dinikmati  para peserta dari negara- negara yang tergabung dalam acara G20, tetapi juga masyarakat di sekitar kawasan perhelatan tersebut. Meski demikian, ia mengingatkan, layanan 5G secara maksimal baru bisa diakses oleh masyarakat jika perangkat baik ponsel pintar, gadget, hingga SIM card sudah kompatibel dengan konektivitas 5G.

Komifo sebelumnya telah berkomitmen untuk dapat menyajikan layanan komunikasi yang terkini untuk menyukseskan Presidensi Indonesia di dalam ajang G20. Indonesia menjadi negara berkembang pertama yang menjadi tuan rumah parhelatan akbar ini. 

Puncak G20 akan berlangsung di Bali tepatnya lewat KTT G20 pada Oktober 2022.

Dalam rangka mendukung kampanye penyelenggaraan G20 di Indonesia, Katadata menyajikan beragam konten informatif terkait berbagai aktivitas dan agenda G20 hingga berpuncak pada KTT G20 Oktober 2022 nanti. Simak rangkaian lengkapnya di sini.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait