Tingkat Pengangguran Rekor Terendah, Amerika Batal Resesi?

Agustiyanti
7 Januari 2023, 07:50
ekonomi amerika, amerika serikat, resesi ekonomi
ANTARA FOTO/REUTERS/David Ryder/ama/dj
Ilustrasi. Para ekonom dan investor memperkirakan ekonomi Amerika Serikat akan mengalami resesi pada tahun depan.

Perekonomian Amerika Serikat belum menunjukkan tanda-tanda resesi. Pasar tenaga kerja masih kuat, tercermin dari tingkat pengangguran yang kembali ke level terendah, bahkan sebelum pandemi, yakni mencapai 3,5%. 

Laporan ketenagakerjaan AS menunjukkan lapangan kerja baru bertambah 717 ribu pada bulan lalu. Pasar tenaga kerja tetap kuat sekalipun Bank Sentral AS, The Federal Reserve memulai kenaikan bunga sejak tercepat sejak 1980-an pada Maret tahun lalu. Kondisi pasar tenaga kerja ini menopang perekonomian dengan mempertahankan pengeluaran konsumen. 

Namun demikian, pasar tenaga kerja yang kuat membuka kemungkinan Bank Sentral AS menaikkan suku bunga melampaui perkiraan, yakni mencapai puncaknya di level 5,1%. Berdasarkan risalah rapat The Fed terbaru, bank sentral kemungkinan menaikkan suku bunga hingga mencapai puncaknya di level 5,1% dan kemudian mempertahankan dalam jangka waktu yang cukup lama. 

"Pasar tenaga kerja tetap tangguh tetapi kehilangan tenaga dan masih terjadi kekurangan pekerja," kata Sal Guatieri, seorang ekonom senior di BMO Capital Markets di Toronto, Jumat (6/1)

Meski pertumbuhan upah telah moderat, menurut dia, ini masih jauh dari konsisten untuk memastikan stabilitas harga."Jangan menganggap The Fed akan mulai hawkish atau memperlambat laju kenaikan suku bunga pada 1 Februari," ujarnya.

Sebanyak 223 ribu pekerjaan nonpertanian mengalami kenaikan upah, kenaikan terkecil dalam dua tahun terakhir setelah kenaikan terjadi pada 256 ribu pekerjaan. 

Ekonomi AS menciptakan 4,5 juta lapangan kerja baru pada 2022, dengan terciptanya rata-rata 375 ribu pekerjaan per bulan. Presiden Amerika Serikat Joe Biden melihat kondisi ekonomi Amerika yang tercermin dari data ketenagakerjaan saat ini jauh dari resesi ekonomi. Ia menyebut, ekonomi Amerika saat ini tengah bertransisi menuju pertumbuhan yang stabil. 

Perolehan pekerjaan yang kuat terlepas dari profil PHK yang tinggi di industri teknologi serta sektor-sektor yang sensitif terhadap suku bunga seperti perumahan dan keuangan.

Pembukaan lapangan pekerjaan bulan lalu dipimpin oleh industri rekreasi dan perhotelan, yang menambahkan 67.000 pekerjaan. Restoran dan bar serta taman hiburan, tempat perjudian dan rekreasi menyumbang sebagian besar tambahan perekrutan. 

Pekerjaan industri perawatan kesehatan meningkat juga menambah 55.000 pekerjaan, sedangkan konstruksi bertambah 28.000 lapangan kerja dan pemerintah menambah  3.000 lapangan kerja.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait