Pemerintah Siap Buka Impor Sapi Bakalan dan Daging Kerbau Tahun Depan

Image title
26 Desember 2019, 17:16
impor daging, daging kerbau, pangan
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Pedagang memotong daging sapi yang dijual di Pasar Senen, Jakarta, Senin (2/12/2019). Pemerintah siap impor 60 ribu ton daging kerbau dan 550 ribu ekor sapi bakalan tahun 2020 guna menjaga pasokan harga.

Pemerintah berencana membuka kembali keran impor daging pada tahun depan. Rencananya akan ada impor 60 ribu ton daging kerbau dan 550 ribu ekor sapi bakalan guna menjaga pasokan harga.

Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian Agung Hendriadi mengatakan target harga daging sebenarnya bisa mencapai Rp 80 ribu per kilogram. Sedangkan dari Sistem Pemantauan Pasar Kebutuhan Pokok (SP2KP) Kementerian Perdagangan, harga masih berada di level Rp 120 ribu per kilogram.

“Tadi sudah diputuskan, sementara itu rencana 2020,” kata Agung usai rapat koordinasi di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Kamis (26/12).

(Baca: Pemerintah Berencana Kembali Buka Keran Impor Daging Sapi Brasil 2020)

Agung menjelaskan konsumsi daging sapi dan kerbau pada tahun depan diperkirakan sama dengan tahun ini yang mencapai 600 ribu ton. Sedangkan kebutuhan daging sapi dan kerbau untuk industri mencapai 129 ribu ton. 

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...