LIPI Sebut Virus Covid-19 Lebih Menular Ketimbang SARS dan MERS

Ameidyo Daud Nasution
30 Mei 2020, 06:30
virus corona, covid-19, LIPI
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/wsj.
mural tentang pandemi Covid-19 di Selapajang, Tangerang, Banten, Selasa (31/3/2020). Peneliti LIPI (29/5) sebut virus corona lebih menular dari SARS dan MERS

Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) meyakini bahwa Covid-19 lebih menular dibandingkan jenis corona lain seperti SARS dan MERS. Ini lantaran virus yang kerap disebut SARS-CoV-2 itu memiliki karakteristik yang lebih efisien dalam mengikat diri di enzim angiotensin converting enzyme 2 atau ACE2.

ACE2 menempel di membran sel beberapa organ dan bisa disebut sebagai pintu masuk virus untuk menginfeksi dan memperbanyak diri. Tak hanya itu, Covid-19 juga memiliki materi genetik RNA yang cepat bermutasi.

Setelah mengikat diri dan masuk sistem sel, virus akan berkembang jutaan dan menginfeksi sel sehat. “Itu makanya dia sangat menular," kata Manager Laboratorium Bio Safety Level 3 LIPI Ratih Asmana Ningrum dalam sebuah webinar, Jumat (29/5).

(Baca: Lebih Cepat, Ilmuwan AS Fauci Optimis Vaksin Corona Ditemukan November)

Ratih menjelaskan 83% reseptor ACE2 ada di sel paru-paru dan menjadi alasan mengapa gejala corona sering menyerang saluran napas terlebih dulu. Namun enzim ini juga berada di ginjal dan saluran pencernaan. Ini mengapa pada kasus berat virus bisa menyebabkan diare serta gagal ginjal. “Pada kasus berat, respons imun menjadi gagal,” katanya.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...