LIPI Ungkap Potensi Corona Menyebar Lewat Ponsel & Paket E-Commerce

Cindy Mutia Annur
5 Maret 2020, 12:54
LIPI Ungkap Potensi Corona Menyebar Lewat Ponsel & Paket E-Commerce
ANTARA FOTO/REUTERS/Carlos Garcia Rawli
Ilustrasi, warga membeli masker pelindung di sebuah apotek saat negara tersebut sedang terjadi penularan virus korona baru, di Beijing, Tiongkok, Kamis (20/2/2020).

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menilai, barang-barang yang sering dipegang seperti ponsel dan uang kertas, memuat banyak kuman dan bakteri. Namun, hingga saat ini belum ada penelitian yang membuktikan virus corona bisa menular melalui benda mati. 

Peneliti bidang mikrobiologi LIPI Sugiyono Saputra menjelaskan, penderita bisa menularkan virus corona lewat cairan tubuh yang menempel pada benda mati. Cairan tubuh yang dimaksud bisa berupa keringat, bersin, dan droplet atau partikel kecil dari mulut.

Advertisement

“Tetapi memang penularan dari benda mati belum ada datanya. Untuk kewaspadaan dan upaya pencegahan penularan, tetap dianjurkan mencuci tangan setelah menyentuh benda-benda di tempat umum,” kata Sugiyono kepada Katadata.co.id, Kamis (5/3).

Berdasarkan penelitian-penelitian sebelumnya, ketahanan virus corona pada benda mati bervariasi. “Ada yang bisa bertahan hingga sembilan hari. Tetapi tidak dapat disamaratakan. Sangat bergantung pada jenis dan jumlah virus, suhu, kelembapan, dan sinar ultraviolet,” katanya.

(Baca: Virus Corona Meluas, Kemenkes Singapura Imbau Rajin Bersihkan Ponsel)

Hal senada disampaikan oleh WHO dan Bank of England. Bank sentral Tiongkok bahkan menghancurkan uang tunai yang berasal dari daerah berisiko tinggi terinfeksi covid-19 seperti Wuhan, rumah sakit dan pasar pada pertengahan bulan lalu.

Selain itu, raksasi e-commerce di Tiongkok seperti JD.com menggunakan pesawat tanpa awak (drone) dan robot untuk mendistribusikan paket ke konsumen. Hal ini guna mencegah penyebaran virus corona.

Di Indonesia, menurut Sugiyono penularan virus corona melalui paket yang dipesan lewat e-commerce tergolong minim. Lagi pula, virus corona akan sulit bertahan lama pada barang tersebut. “Dia tetap butuh inang hidup untuk bereplikasi,” katanya.

Ia meminta masyarakat tidak khawatir berlebihan menanggapi wabah virus corona di Indonesia. Ia mengimbau warga rajin membersihkan tangan. (Baca: Cegah Penyebaran Virus Corona, WHO Imbau Tak Pakai Uang Kertas)

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement