Jokowi Tunjuk Wamen BUMN Pimpin Satgas Tangani Dampak Ekonomi Corona

Pemerintah berharap penanganan pandemi dan dampak ekonominya dapat berjalan bersama
Dimas Jarot Bayu
20 Juli 2020, 13:29
jokowi, satgas, virus corona
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/POOL/foc.
Presiden Joko Widodo saat penyerahan bantuan modal kerja di Istana Bogor, Jawa Barat, Rabu (15/7/2020). Jokowi pada Senin (20/7) membentuk Satgas Penanganan Dampak Ekonomi Covid-19.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) membentuk satuan tugas (satgas) perekonomian dalam rangka penanganan dampak virus corona Covid-19. Satgas tersebut akan bekerja untuk mengatasi dampak pandemi pada ekonomi nasional.

Pembentukan satgas ini berdasarkan kepada Peraturan Pemerintah (PP) yang telah ditandatangani oleh Jokowi pada Senin (20/7). Ketua Satgas ini adalah Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Budi Gunadi Sadikin. 

Adapun Ketua Pelaksana adalah Menteri BUMN Erick Thohir.  Sedangkan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto akan bertindak sebagai Ketua dari tim kebijakan Satgas tersebut.

"Satgas Covid-19 tetap ditangani Pak Doni (Monardo), Satgas perekonomian ditangani Pak Budi Gunadi Sadikin,” kata Airlangga.," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (20/7).

Baca Juga

  • Mengobrol dan Makan di Kendaraan Umum Berisiko Penularan Corona



Airlangga mengatakan satgas tersebut akan bertugas memantau situasi perekonomian nasional dan perkembangan pandemi corona yang terjadi di Tanah Air. Dengan demikian, penanganan kedua hal tersebut bisa berjalan beriringan.

Satgas juga akan memantau perkembangan ketersediaan peralatan untuk tes corona dan memantau perkembangan pembuatan vaksin corona.  "Juga program perekonomian yang sifatnya multiyears," kata Airlangga.

Sedangkan posisi Wakil Ketua dalam tim kebijakan akan dijabat oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy.

Ada pula Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, dan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto yang menjadi anggota tim kebijakan dalam satgas perekonomian. Tim ini juga akan berkoordinasi dengan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo.

Advertisement

(Baca: Kasus Kematian Harian Covid Cetak Rekor 127 Orang, Tertinggi di Jatim)

Reporter: Dimas Jarot Bayu
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait