Tak Hanya Jokowi, Gibran Rakabuming juga Jalani Tes Corona Hari Ini

Dimas Jarot Bayu
24 Juli 2020, 20:27
gibran rakabuming, virus corona, jokowi
ANTARA FOTO/R. Rekotomo
Gibran Rakabuming Raka (tengah) di Semarang, Jawa Tengah, Kamis (12/12/2019).

Kandidat calon Wali Kota Solo yang juga putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka turut menjalani pemeriksaan virus corona Covid-19. Hal itu disampaikannya di tengah diskusi virtual yang digelar Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) pada Jumat (24/7).

Dalam diskusi tersebut, Gibran awalnya menyampaikan bantahan soal dinasti politik yang kerap ditudingkan kepadanya. Di tengah acara, dia menyudahi penjelasannya karena sudah ditunggu dokter untuk melakukan tes polymerase chain reaction (PCR). "Kira-kira itu dulu. Saya mau melanjutkan pemeriksaan ini," kata Gibran.

Gibran mengatakan dirinya sudah menjalani uji cepat (rapid test) corona sebelum menghadiri diskusi virtual PDIP. Dia lalu memberitahu bahwa hasil rapid test menunjukkan dirinya negatif Covid-19.

Namun dia mengatakan pemeriksaannya ini tak berkaitan dengan Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo yang dikabarkan positif corona. Ini karena keduanya belum bertemu setelah rekomendasi pengusungannya dari PDIP di Pilkada Solo 2020 turun pada Jumat (17/7). "Ini hanya pemeriksaan rutin saja kok," kata Gibran.

Sedangkan pihak Istana Kepresidenan mengatakan Jokowi melakukan pemeriksaan virus corona pada hari Jumat (24/7) sore. Hal ini dilakukan usai Presiden bertemu dengan Purnomo pada Jumat (17/7).

"Saya rasa Bapak Presiden akan melakukan swab (tes PCR) lebih cepat dari biasanya setelah mendengar Wakil Wali Kota Solo positif (corona)," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono.

Lebih lanjut, Heru memastikan Jokowi selalu menerapkan protokol kesehatan ketika menerima tamu di Istana. Setiap tamu yang masuk juga melakukan uji cepat corona.

Purnomo kini tengah menjalani isolasi mandiri di kediamannya karena tak menunjukkan gejala apapun selama mengidap corona. Selain bertemu Jokowi, dia juga sempat mengikuti rapat paripurna dengan DPRD Solo pada Rabu (22/7) dan rapat dengan OJK Solo pada Kamis (23/7).

Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...