PSBB Dilonggarkan, Eijkman Khawatir Klaster Baru Corona Bermunculan

Image title
24 Juli 2020, 19:58
PSBB, virus corona, covid-19
ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman/foc.
Sejumlah warga berjalan di area Jalan Sudirman, Serang, Banten, Minggu (5/7/2020). LBM Eijkman khawatir pelonggaran PSBB akan menyebabkan ledakan klaster baru corona.

Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman khawatir pelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di sejumlah daerah akan menimbulkan ledakan klaster baru virus corona. Apalagi organisasi kesehatan dunia (WHO) menyatakan virus ini bisa menular lewat udara.

Wakil Kepala Bidang Penelitan Fundamental LBM Eijkman, Herawati Sudoyo mengatakan pelonggaran PSBB menyebabkan perilaku masyarakat semakin tidak terkontrol dalam menerapkan protokol kesehatan. Alhasil, penyebaran virus terus terjadi dan sulit dikendalikan.

"Kalau pakai istilah second wave itu kesannya mengerikan, tapi yang jelas akan ada ledakan karena klaster laster baru sekarang terbentuk," kata Hera dalam diskusi daring di Jakarta, Jumat (24/7).

 Oleh sebab itu Herawati berharap pemerintah segera menerapkan sanksi tegas kepada pelanggar protokol kesehatan. Sedangkan laboratorium juga harus memperbanyak kapasitas tes demi mendeteksi corona. “Berarti semua harus siap dengan double dari apa yang sebelumnya digunakan,” kata Herawati.

Herawati juga mendesak pemerintah lebih mempertimbangkan saran ilmuwan dalam menentukan kebijakan penanganan corona. “Kalau tidak setuju tidak apa-apa asalkan argumennya harus ilmiah bukan hanya menekan saja," kata dia.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...