Luhut Soroti Lima Daerah dengan Rasio Kematian Pasien Corona Tinggi

Ameidyo Daud Nasution
5 Oktober 2020, 20:25
virus corona, covid-19, luhut pandjaitan
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto (kanan) berbincang dengan Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (kiri) sebelum mengikuti rapat terbatas (ratas) di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa (4/2/2020). Ratas tersebut membahas kesiapan dampak virus corona pada perekonomian di Indonesia.

Pemerintah menyoroti sejumlah kabupaten dan kotamadya yang memiliki rasio kematian pasien Covid-19 tinggi di Indonesia. Paling tidak ada lima daerah dengan mortalitas tertinggi saat ini yakni Kota Surabaya (8,1%), Kabupaten Sidoarjo (6,2%), Kabupaten Gresik (6,6%), Kabupaten Semarang (5%), dan Kota Semarang (6,8%).

Hal tersebut jadi pembahasan dalam rapat koordinasi penanganan Covid-19 yang dipimpin Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Senin (5/10). Selain itu, rapat juga menyoroti tren mortalitas pasien yang meningkat di Kabupaten dan Kota Semarang.

“Beberapa wilayah yang memerlukan perhatian khusus karena tren terus meningkat adalah Kabupaten Semarang (1,5% pada awal Juli) dan Kota Semarang (3,8% pada awal Juli),” demikian seperti tertulis dalam rangkuman eksekutif rapat tersebut.

Kabupaten Semarang juga menjadi perhatian khusus Luhut karena angka kematian mingguan di sana pada September lebih tinggi dari Agustus. Dari laman corona.semarangkab.go.id, jumlah pasien Covid-19 yang meninggal di wilayah tersebut mencapai 60 orang dari 947 kasus.

“Wilayah lain yang memiliki angka kematian tinggi dalam 7 hari terakhir adalah Kabupaten Sidoarjo dengan rata-rata 6 kematian 5 hari terakhir,” tulis kesimpulan rapat tersebut.

Kabupaten Semarang juga menjadi sorotan terkait rasio kesembuhan pasien corona yang sempat turun dari 80% pada pertengahan Agustus menjadi 60% pada pertengahan September. Namun angka tersebut sudah mulai menanjak lagi menjadi 65,8%.

“Selain itu Kota Medan memiliki tren yang terus naik dari 20% pada pertengahan Juli menjadi 71,8% pada awal Oktober,” demikian tertulis dalam rangkuman rapat.

Kota Medan juga memiliki rasio penggunaan tempat tidur oleh pasien corona di Intensive Care Unit (ICU) rumah sakit sebesar 81,6%. Angka ini jauh lebih tinggi dari wilayah lain masih berada di bawah 60%.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...