Instruksi Jokowi Tangani Banjir Kalsel: Jaga Logistik & Evakuasi Warga

Ameidyo Daud Nasution
18 Januari 2021, 16:18
banjir, kalimantan selatan, jokowi
ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/aww.
Presiden Joko Widodo (kanan) meninjau langsung lokasi banjir dari atas jembatan Pekauman didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kiri) di Desa Pekauman Ulu, Kabupaten banjar, Kalimantan Selatan, Senin (18/1/2021). Kunjungan kerja tersebut dalam rangka melihat langsung dampak banjir dan meninjau posko pengungsian korban banjir di Provinsi Kalimantan Selatan.

Presiden Joko Widodo mengunjungi wilayah terdampak banjir besar yang berada di Kalimantan Selatan pada Senin (18/1). Dalam kunjungannya, Presiden ingin memastikan tiga hal dapat berjalan dengan lancar.

Pertama, Jokowi memerintahkan agar kerusakan infrastruktur segera ditangani. Secara khusus, ia menginstruksikan Menteri Pekerjaan Umum dan perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono untuk memperbaiki jembatan yang runtuh akibat terjangan banjir.

Advertisement

Hal kedua adalah evakuasi masyarakat yang terjebak banjir agar ditangani dengan baik. Ketiga, memastikan kebutuhan logistik pengungsi terpenuhi lantaran 20 ribu orang saat ini berada di pengungsian.

“Tiga hal ini penting sehingga kekurangan yang ada bisa dibantu pusat selain dari Provinsi, Kabupaten, dan Kotamadya,” kata Jokowi dalam konferensi pers di Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan seperti disiarkan Sekretariat Presiden.

Jokowi menjelaskan banjir besar yang melanda 10 kabupaten dan kotamadya di Kalsel ini merupakan yang terbesar sepanjang 50 tahun terakhir. Ini terjadi lantaran Sungai Barito tak mampu menampung debit air usai hujan selama 10 hari.

“Sungai Barito yang biasanya (menampung) 230 juta meter kubik sekaranf masuk air 2,1 miliar meter kubik,” kata Jokowi.

Presiden juga menyampaikan belasungkawa atas jatuhnya korban dalam bencana tersebut. Banjir ini mengakibatkan 15 orang meninggal dunia dan 24.379 rumah terendam.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement