Beri Selamat, Jokowi Harap Kerja Sama RI-AS Semakin Kuat di Era Biden

Jokowi mengucapkan selamat atas pelantikan Biden dan Kamala Harris sebagai Presiden dan Wapres AS.
Ameidyo Daud Nasution
Oleh Ameidyo Daud Nasution
21 Januari 2021, 12:02
amerika serikat, jokowi, joe biden
Instagram @jokowi
Presiden Joko Widodo berjabat tangan dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Terpilih Joe Biden. Jokowi mengucapkan selamat atas pelantikan Biden sebagai Presiden AS, Kamis (21/1) WIB. (Foto: Instagram Joko Widodo)

Ucapan selamat kepada Joe Biden yang menjadi Presiden Amerika Serikat disampaikan para pemimpin dunia, termasuk Presiden Joko Widodo.

Jokowi menyampaikan selamat kepada Biden dan wakilnya yakni Kamala Harris sebagai Presiden ke-46 dan Wapres ke-49 AS. Presiden berharap di era Biden, Indonesia dan AS dapat melanjutkan kemitraan yang kuat.

“Tak hanya demi kepentingan dua negara, tapi juga demi dunia yang lebih baik,” kata Jokowi dalam akun Instagramnya, Kamis (21/1).

Sebelumnya sejumlah pemimpin negara lain telah menyampaikan ucapan serupa dan harapan kerja sama dengan Biden. Salah satunya Perdana Menteri Inggris Boris Johnson yang berharap kerja sama erat dengan negara sekutunya tersebut.

Johnson mengatakan dua negara memiliki kepentingan dalam pertarungan melawan Covid-19, perubahan ikllim, keamanan, dan mempromosikan demokrasi. Dia juga berharap dapat bertemu Biden dalam pertemuan G7 di Inggris tahun ini.

“Tujuan kami sama dan kami akan bekerja sama demi mewujudkannya,” kata Johnson, Selasa (19/1) dikutip dari Reuters.

Sekutu lain AS yakni Jepang juga turut menyelamati Biden. Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga juga berencana mengunjungi AS Februari mendatang untuk bertemu politisi Partai Demokrat tersebut.

“Saya berharap dapat bekerja dengan anda dan tim untuk memperkuat aliansi demi mewujudkan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka. ” kata Suga dikutip dari The Japan Times.

Tak hanya sekutunya, ucapan selamat juga diberikan Presiden Tiongkok Xi Jinping bahkan ketika Biden dan Harris memenangkan Pilpres. Dikutip dari Xinhua, Xi pada 25 November lalu berharap dua negara fokus bekerja sama demi perkembangan AS dan Tiongkok.

Biden resmi mengucapkan sumpahnya sebagai Presiden ke-46 AS pada Rabu (20/1) waktu setempat. Dalam pidato inagurasinya, ia mengingatkan masyarakat Negeri Paman Sam agar kembali bersatu demi menghadapi sejumlah tantangan seperti Covid-19 hingga perubahan iklim.

 

Video Pilihan

Artikel Terkait