Terganjal Produksi, AstraZeneca Pangkas Pasokan Vaksin ke Uni Eropa

Ameidyo Daud Nasution
24 Januari 2021, 11:49
vaksin, covid-19, astrazeneca
ANTARA FOTO/REUTERS/Jason Cairnduff/WSJ/cf
Jason Cairnduff Doreen Vickers, 83 tahun, menunggu saat seorang tenaga kesehatan mengisi jarum suntik dengan dosis vaksis Oxford/AstraZeneca COVID-19 di Appleton Village Pharmacy di Widnes, Britain, Kamis (14/1/2021). AstraZeneca memangkas volume pengiriman vaksin ke Uni Eropa

Raksasa farmasi AstraZeneca akan memangkas pengiriman vaksin Covid-19 ke negara Uni Eropa hingga 60%. Ini terjadi setelah adanya masalah produksi di pabrik Belgia yang dijalankan mitra mereka yakni Novasep.

Dikutip dari Reuters, Minggu (24/1), seorang sumber di Uni Eropa memberitahu bahwa awalnya AstraZeneca akan mendistribusikan 80 juta dosis vaksin ke 27 negara Eropa hingga Maret 2021. Meski demikian, mereka hanya mampu memenuhi 31 juta dosis saja.

Advertisement

Ini merupakan pukulan kedua bagi Uni Eropa usai Pfizer menunda pasokan vaksin ke wilayah tersebut. Adapun AstraZeneca telah mengonfirmasikan penurunan volume produksi lantaran masalah manufaktur.

Meski demikian, perusahaan Inggris tersebut tetap menjanjikan jutaan dosis vaksin akan tiba dalam waktu dekat. "Kami (tetap)akan memasok puluhan juta dosis pada bulan Februari dan Maret ke Uni Eropa," demikian keterangan tertulis AstraZeneca dikutip dari Reuters, Minggu (24/1).

Sedangkan Komisioner Kesehatan Uni Eropa Stella Kyriakides menyatakan ketidakpuasannya atas keputusan ini. Regulator Uni Eropa sebenarnya siap memberikan persetujuan penggunaan vaksin Covid-19 AstraZeneca pada 29 Januari mendatang.

Uni Eropa telah sepakat untuk mengamankan pasokan vaksin corona bikinan AstraZeneca sebanyak 300 juta dosis. Mereka juga memiliki opsi untuk mendapatkan tambahan 100 juta vaksin.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement