Menteri PAN-RB Usul Libur Lebaran Dipersingkat untuk Cegah Covid-19

Ameidyo Daud Nasution
16 Februari 2021, 20:00
covid-19, libur, asn
ANTARA FOTO/Adeng Bustomi/foc.
Sepuluh orang Pegawai Negeri Sipil (PNS) mengikuti pelantikan online di Aula SMAN 1 Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Selasa (21/4/2020). MenPAN-RB Tjahjo Kumolo mengusulkan libur lebaran dan akhir tahun 2021 diperpendek demi cegah penularan corona

Pemerintah membuka kans untuk memperpendek cuti bersama bagi aparatur sipil negara (ASN) pada demi membatasi mobilitas warga. Cuti yang siap diperpendek adalah periode libur Idul Fitri yang jatuh pada 12 hingga 19 Mei.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo berharap dengan adanya pemangkasan cuti bersama, ASN hingga prajurit TNI dan Polri bisa menjadi contoh penerapan protokol kesehatan demi mencegah penularan Covid-19.

Tak hanya lebaran, Tjahjo juga mengusulkan libur tahun baru untuk dipersingkat. “ASN, TNI, dan Polri harus bisa menjadi contoh dalam menggerakkan dan mengorganisasi masyarakat,” kata Tjahjo, Selasa (16/2) dikutip dari Antara.

Jika terealisasi, maka kebijakan ini merupakan pengulangan dari libur Imlek pada 12 sampai 14 Februari lalu.  Namun usulan pemangkasan libur ini juga akan berjalan sesuai dengan tren penularan corona ke depannya.

Dia juga berharap pengetatan saat Imlek tersebut dapat berdampak kepada turunnya kasus Covid-19. “Mudah-mudahan bisa turun sampai 25 persen,” katanya.

Sedangkan Satuan Tugas atau Satgas Penanganan Covid-19 sejak Oktober 2020 menyebut libur panjang selalu berdampak pada peningkatan kasus positif virus corona. Pasalnya, masyarakat kerap keluar rumah dan berkunjung ke tempat wisata.

Kondisi tersebut dapat menyebabkan kerumunan di berbagai lokasi selama masa liburan. Apalagi banyak orang tak menerapkan protokol kesehatan.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...