Tak Hanya Bali, Pemerintah Buka Kembali Wisata di Batam & Bintan

Ameidyo Daud Nasution
20 Maret 2021, 16:00
batam, bintan, bali, pariwisata, sandiaga uno
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww.
Wisatawan berjalan di tepi Pantai Teluk Lagoi, Bintan, Kepulauan Riau, Minggu (1/11/2020). Pemerintah akan membuka kawasan wisata di tempat ini mulai Minggu (21/3).

Pembukaan lokasi wisata bagi wisatawan mancanegara semakin dekat. Tak hanya Bali, Pemerintah juga akan membuka Batam dan Bintan di Kepulauan Riau untuk perjalanan turis asing.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan dua kawasan ini akan dibuka pada 21 April, lebih cepat dari Bali. Sedangkan titik yang menjadi tujuan adalah Nongsa di Batam dan Lagoi di Bintan.

Advertisement

“Ini karena Batam dan Bintan jauh lebih siap,” kata Sandiaga di Batam, Sabtu (20/3) dikutip dari Antara.

Sandiaga menyampaikan arahan Presiden Joko Widodo bahwa perbatasan negara tetangga bisa dibuka bertahap dengan syarat Covid-19 telah terkendali. Sedangkan di Nongsa dan Lagoi sudah tidak ada lagi kasus corona. “Harapan kami, bisa terus dijaga dalam tingkat yang rendah dan terkendali,” katanya.

Dia mengatakan hal yang penting disiapkan adalah memastikan kepatuhan protokol kesehatan serta disiplin melaksanakan 3M (mencuci tangan, menjaga jarak memakai masker), 3T (testing, tracing, treatment), serta vaksinasi.

Kebijakan ini juga dilakukan lantaran sektor pariwisata Kepulauan Riau mengalami penurunan di kala setahun pandemi. Oleh sebab itu Sandiaga mengingatkan pelaku usaha menjalankan sektor ini dengan protokol kesehatan yang ketat.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement