Jokowi Yakin Covid-19 Terpental Jika 70 Persen Masyarakat RI Divaksin

Rizky Alika
25 Maret 2021, 11:56
jokowi, vaksin, covid-19
ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/foc.
Presiden Joko Widodo (tengah) bersama Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (kiri) dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kanan) di halaman GOR Pajajaran, Kota Bogor, Jawa Barat, Jumat (19/3/2021). Jokowi meyakini Covid-19 akan terpental jika 70 persen masyarakat menerima vaksin.

Presiden Joko Widodo terus memastikan proses vaksinasi Covid-19 di daerah berjalan dengan lancar. Apalagi pemerintah telah menargetkan 70 persen masyarakat menerima vaksin demi menciptakan kekebalan komunal (herd immunity).

Namun, target tersebut memerlukan proses yang panjang. Mantan Wali Kota Solo itu menargetkan, 70 persen penduduk telah menjalani vaksinasi hingga akhir tahun ini.

"Artinya apa? yang namanya Covid-19 mau datang bisa mental dan tidak menularkan lagi dari orang ke orang," kata Jokowi saat meninjau vaksinasi di Kediaman Raja Hitu, Maluku Tengah, Kamis (25/3).

Ia pun berharap, pandemi Covid-19 akan segera selesai sehingga ekonomi daerah dan nasional segera pulih. Masyarakat pun diperkirakan bisa kembali bekerja seperti biasa.

Pada hari yang sama, Jokowi juga meninjau vaksinasi di Pelabuhan Yos Sudarso dan RSUP dr. J. Leimena, Ambon. Pemberian vaksin dilakukan kepada pelayan publik, lansia, dan tokoh agama.

Berdasarkan laporan Gubernur Maluku yang diterima Jokowi, total vaksinasi Covid-19 di seluruh Maluku mencapai 116 ribu orang. Sementara, penduduk Ambon yang telah menerima vaksin sebanyak 30 ribu orang. "Ini terus setiap hari berproses dan kami harap bisa selesai sesuai target," ujar dia.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...