Tunggu Aba-aba RI, Korsel Siap Bantu Pencarian KRI Nanggala-402

Ameidyo Daud Nasution
22 April 2021, 21:07
kapal selam, nanggala,tni, korea selatan
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/rwa.
FOTO ARSIP - Kapal Selam KRI Nanggala-402 di Dermaga Ujung, Koarmatim, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (25/9/2014). Pemerintah Korea Selatan siap bantu Indonesia mencari KRI Nanggala yang hilang kontak Rabu (21/4).

Pemerintah Korea Selatan menyatakan siap mendukung pencarian kapal selam KRI Nanggala-402 yang hilang di perairan Bali, Rabu (21/4). Menteri Pertahanan Koser Suh Wook telah menginstruksikan Angkatan Laut Negeri Ginseng berangkat ke Bali jika mendapatkan lampu hijau Kemenhan RI.

RI telah mendapatkan bantuan dari Singapura dan Malaysia dalam pencarian kapal selam milik Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut (AL) tersebut. Kedua jiran Indonesia telah mengirimkan kapal untuk mendukung misi penyelamatan.

“Begitu Indonesia mengajukan permintaan, kami akan mendukung operasi dengan mengerahkan semua cara yang tersedia," kata kementerian tersebut dikutip dari Yonhap News Agency, Kamis (22/4).

Kemenhan Korsel menyatakan telah menjadi mitra strategis RI yang erat dalam bidang pertahanan. Mereka juga menyampaikan keprihatinannya atas kejadian yang menimpa TNI AL ini. "Kami menyampaikan simpati yang dalam kepada Indonesia atas insiden tersebut.

Sedangkan Kapal milik Singapura, MV Swift Rescue dijadwalkan akan tiba di perairan Bali pada 24 April mendatang. Sementara, kapal Mega Bakti milik Malaysia diperkirakan sampai pada 26 April.

Tak hanya itu, tawaran bantuan juga datang dari beberapa negara, yaitu Amerika Serikat, Jerman, Perancis, Turki, India, Rusia, dan Australia. "Tapi nanti kami akan ikuti prosedur," ujar Kepala Pusat Penerangan TNI Mayjen Achmad Riad, Kamis (22/4).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...