Jokowi Naikkan Pangkat Kabinda Papua yang Gugur Ditembak di Papua

Rizky Alika
26 April 2021, 15:39
jokowi, kabinda, papua, tni
ANTARA FOTO/HO-Setpres/hp.
Presiden Joko Widodo (kiri depan) berjalan bersama dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (kanan depan) saat menghadiri KTT ASEAN, di Gedung Sekretariat ASEAN, di Jakarta, Sabtu (24/4/-2021). Jokowi pada Senin (26/4) akan menaikkan pangkat Kabinda Papua yang gugur ditembak KKB.

Kepala Badan Intelijen Negara Daerah (Kabinda) Papua Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Nugraha Karya telah gugur saat kontak tembak dengan kelompok kriminal bersenjata. Presiden Joko Widodo pun akan memberikan penghargaan satu tingkat lebih tinggi kepada almarhum.

Ia pun menyampaikan duka cita yang mendalam pada keluarga yang ditinggalkan. Untuk itu, Mantan Wali Kota Solo itu mengajak untuk mendoakan almarhum agar memperoleh tempat terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Esa.

"Negara akan berikan penghragaan satu tingkat lebih tinggi atas dedikasi pengabdian dan pengorbanan Brigjen TNI I Gusti Putu Danny," kata Jokowi di Istana Merdeka Jakarta, Selasa (26/4).

Kepala Negara juga memerintahkan Panglima TNI dan Kapolri untuk terus mengejar dan menangkap seluruh anggota kelompok kriminal bersenjata. "Saya tegaskan tidak ada tempat untuk kelompok kelompok kriminal bersenjata di tanah Papua maupun di seluruh pelosok Tanah Air," ujar dia.

Dikutip dari Antara, Danny gugur saat melakukan kontak tembak dengan Kelompok Separatis dan Teroris (KST) Papua, pada Minggu (25/4) di Kampung Dambet, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak. Kontak tembak tersebut terjadi akibat KST Papua melakukan penghadangan dan penyerangan terhadap rombongan Kabinda.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...