Jokowi Naikkan Pangkat Kabinda Papua yang Gugur Ditembak di Papua

Kepala Negara juga memerintahkan Panglima TNI dan Kapolri untuk terus mengejar dan menangkap seluruh anggota kelompok kriminal bersenjata
Image title
26 April 2021, 15:39
jokowi, kabinda, papua, tni
ANTARA FOTO/HO-Setpres/hp.
Presiden Joko Widodo (kiri depan) berjalan bersama dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (kanan depan) saat menghadiri KTT ASEAN, di Gedung Sekretariat ASEAN, di Jakarta, Sabtu (24/4/-2021). Jokowi pada Senin (26/4) akan menaikkan pangkat Kabinda Papua yang gugur ditembak KKB.

Kepala Badan Intelijen Negara Daerah (Kabinda) Papua Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Nugraha Karya telah gugur saat kontak tembak dengan kelompok kriminal bersenjata. Presiden Joko Widodo pun akan memberikan penghargaan satu tingkat lebih tinggi kepada almarhum.

Ia pun menyampaikan duka cita yang mendalam pada keluarga yang ditinggalkan. Untuk itu, Mantan Wali Kota Solo itu mengajak untuk mendoakan almarhum agar memperoleh tempat terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Esa.

"Negara akan berikan penghragaan satu tingkat lebih tinggi atas dedikasi pengabdian dan pengorbanan Brigjen TNI I Gusti Putu Danny," kata Jokowi di Istana Merdeka Jakarta, Selasa (26/4).

Kepala Negara juga memerintahkan Panglima TNI dan Kapolri untuk terus mengejar dan menangkap seluruh anggota kelompok kriminal bersenjata. "Saya tegaskan tidak ada tempat untuk kelompok kelompok kriminal bersenjata di tanah Papua maupun di seluruh pelosok Tanah Air," ujar dia.

Advertisement

Dikutip dari Antara, Danny gugur saat melakukan kontak tembak dengan Kelompok Separatis dan Teroris (KST) Papua, pada Minggu (25/4) di Kampung Dambet, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak. Kontak tembak tersebut terjadi akibat KST Papua melakukan penghadangan dan penyerangan terhadap rombongan Kabinda.

Kehadiran Kabinda Papua di Kampung Dambet adalah dalam rangka observasi lapangan guna mempercepat pemulihan keamanan pasca aksi kelompok kriminal bersenjata di wilayah tersebut.

Kunjungan Pimpinan tertinggi BIN Papua di lapangan juga sebagai upaya untuk meningkatkan semangat kepada masyarakat yang selama ini terganggu oleh  kelompok kriminal bersenjata Papua.

Kronologi kejadian tersebut bermula saat patroli Satgas BIN bersama dengan Satgas TNI/POLRI melakukan perjalanan menuju Kampung Dambet. Sekitar pukul 15.50 WIT, Satgas BIN dan Satgas TNI/Polri dihadang oleh KKB Papua sehingga terjadi aksi saling tembak di sekitar gereja.

Akibat kontak tembak tersebut Kabinda Papua tertembak dan gugur di lokasi kejadian. Jenazah Danny selanjutnya akan dibawa ke Jakarta guna dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata dan dinaikkan pangkatnya secara anumerta menjadi Mayor Jenderal. 

 

Reporter: Rizky Alika
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait